KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Opor Bebek “Mak Yah” Muncul – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Opor Bebek “Mak Yah” Muncul – Salatiga

Jika anda ingin mengeksplorasi aneka olahan bebek selain yang digoreng atau dibakar, Opor Bebek “Mak Yah” yang berlokasi di daerah pinggiran Salatiga ini wajib untuk dicoba. Warungnya ada di jalur alternatif yang menghubungkan Salatiga – Ambarawa, tidak terlalu jauh dari tempat wisata pemandian dan pemancingan Muncul yang juga terkenal dengan Warung Pecel Keong-nya.

Tak sulit menemukan warung Opor Bebek “Mak Yah” Muncul karena letaknya di pinggit jalan. Bangunannya sangat bersahaja, menyerupai rumah penduduk biasa. Begitu masuk anda akan menemukan beberapa meja panjang dan kursi yang tertata dalam ruangan seukuran ruang tamu. Di sebelah ruangan tersebut adalah dapur yang menjadi pusat aktivitas memasak di warung ini. Dapurnya terlihat masih sangat tradisional, beralaskan tanah dan terdapat beberapa tungku masak yang berbahan bakar kayu. Pengunjung bahkan bisa masuk ke dapur ini untuk memilih sendiri potongan bebek yang diinginkan. Warung Opor Bebek “Mak Yah” memang jauh dari kesan mewah, tapi membawa suasana intim khas pedesaan dimana pembeli bisa berinteraksi akrab dengan penjual.

Opor Bebek “Mak Yah” Muncul lengkap dengan lalapan dan sambal bawang super pedas

Tak lama menunggu, pesanan opor bebek akan segera tersaji di meja. Daging bebek yang berselimut kuah opor kental berwarna kuning dan bertabur bawang merah goreng terlihat begitu menggugah selera, membuat makin tak sabar untuk segera menyantapnya. Ukuran daging bebeknya terbilang besar, baik itu bagian paha maupun dada. Dagingnya memang tidak terlalu empuk, agak melawan waktu digigit, tapi toh sensasi nikmatnya tidak berkurang. Pemilik warung berkilah bahwa daging bebeknya sengaja tidak dibuat terlalu empuk karena khawatir akan hancur kalau dimasak opor. Meski begitu ada juga pelanggan yang menyukai tekstur daging bebek semacam ini karena gigitannya lebih berasa.

Opor bebek dimasak dalam panci besar dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu

Daging bebek ada yang tidak dimasak berkuah. Biasanya digunakan untuk melayani pesanan menu bebek goreng

Selain itu anda juga bisa memesan hati-ampela yang dibalut dengan usus bebek. Agar lebih asyik menikmatinya, anda bisa meminta agar hati-ampela tersebut dipotong-potong lebih dulu sebelum kemudian diguyur dengan kuah opor yang gurih. Disini sebenarnya juga disediakan menu bebek goreng. Jika ingin agak lain, anda bisa memesan bebek goreng dan kuah opor yang disajikan terpisah. Kombinasi ini akan lebih kaya rasa jika dibandingkan dengan bebek goreng biasa.

Untuk pendamping opor bebek disediakan lalapan, pete, dan sambal bawang yang pedasnya bisa makin memicu nafsu makan. Istimewanya lagi, disini anda bisa bebas mengambil nasi sesuai porsi yang anda inginkan. Sebanyak apapun nasi yang diambil, harganya tetap sama.

Lokasi Warung Opor Bebek “Mak Yah” Muncul – Salatiga

Jika kebetulan anda sedang di Salatiga, Ambarawa, atau sekitarnya jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Opor Bebek “Mak Yah” Muncul. Banyak yang menyebutnya Opor Bebek Muncul meski lokasi sebenarnya termasuk wilayah Banyubiru. Warungnya buka menjelang siang, dan biasanya hanya selang beberapa jam saja masakannya sudah habis. Saking larisnya, pelanggan bahkan terkadang harus menelepon dulu untuk memastikan dia masih mendapat bagian.

Jam buka: jelang siang – habis

Lokasi: Desa Kebumen, Banyubiru. Jalur alternatif Salatiga – Ambarawa. Tidak jauh dari tempat wisata pemandian dan pemancingan Muncul

April 2013

 

(Dilihat 1.968 kali, 4 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 13 April 2013 — 10:30 am

1 Comment

Add a Comment
  1. apabila saya kirim bebek masih bisa terima ngak,,,,dari demak jawa tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved