KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Pecel Brongkos Bu Carik – Parakan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Pecel Brongkos Bu Carik Parakan

Brongkos Bu Carik adalah satu kuliner legendaris dari Parakan, sebuah kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kabarnya warung ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan nama Carik sendiri diambil dari nama panggilan sang pendiri, almarhum Harjo Carik yang saat itu menjadi carik (sekretaris desa) di Desa Krasak, Kecamatan Parakan. Pengelola warung yang sekarang adalah generasi ketiga dari Bu Carik, kembar Widihastuti dan Widimulyani.

Brongkos adalah masakan sejenis rawon (dimasak dengan menggunakan kluwak) yang berisikan daging, tahu, telur, dan kacang tolo. Biasanya cukup disajikan dengan nasi putih hangat. Brongkos Bu Carik menggunakan resep turun-temurun dan komposisi bahannya diterapkan secara disiplin hingga saat ini agar citarasa tetap terjaga. Tak heran jika pelanggan lamanya masih setia dengan menu brongkos disini.

Yang uniknya dari warung Bu Carik ini adalah anda bisa bebas bereksperimen dengan rasa. Brongkos bisa dikombinasikan dengan pecel sayuran. Rasanya manis-gurih berpadu dengan sambal pecel dan makin nikmat ketika ditambahkan irisan empal daging yang empuk. Brongkos bisa juga disandingkan dengan serundeng yang manis-gurih. Lewat kombinasi dua menu ini anda  akan mencecap citarasa yang lebih tajam.

Warung makan Bu Carik terlihat sederhana tapi penggemarnya sangat banyak dan tidak hanya dari dalam kota saja. Kendaraan dengan plat nomor luar kota pun banyak terlihat parkir di warung ini. Lokasinya memang strategis, di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung dari luar kota.

Jam buka: 07.00 -18.00

Lokasi: Jalan Raya Parakan-Wonosobo. Kampung Jetis Kidul, Parakan.

Baca juga: Resep Brongkos Daging

Februari 2013

*Sumber gambar: www.suaramerdeka.com

(Dilihat 2.010 kali, 8 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 2 Maret 2013 — 5:19 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved