KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Pecel Keong Mbak Toen Muncul – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Pecel Keong di WM "Mbak Toen" Muncul - Salatiga

Pecel Keong di WM “Mbak Toen” Muncul – Salatiga

Pecel Unik yang Kaya Manfaat

Kurang lengkap rasanya kalau ke Salatiga tanpa mencicipi pecel keong yang kondang itu. Racikan pecel keong sebenarnya tidak jauh beda dengan pecel sayuran pada umumnya, yang membedakan adalah di dalamnya disertakan pula oseng-oseng keong yang rasanya khas. Keong, atau sering disebut juga tutut, yang digunakan adalah keong sawah/rawa yang banyak terdapat di Rawa Pening.

Keong dilepaskan dari cangkangnya dan kemudian dimasak semacam oseng-oseng pedas dengan aroma jahe yang cukup kuat. Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain jahe, cabai, kemiri, kunyit, dan kecap. Tekstur daging keongnya mirip kerang tapi sedikit lebih kenyal. Pecel ini menjadi makin kaya manfaat karena konon keong bisa membantu menyembuhkan sakit pegal-linu/rematik.

Warung Makan Mbak Toen, Muncul - Salatiga. Warung yang terkenal dengan menu pecel keong dan olahan ikan lainnya

Warung Makan Mbak Toen, Muncul – Salatiga. Warung yang terkenal dengan menu pecel keong dan olahan ikan lainnya

Tempat yang menjual sajian pecel yang unik ini adalah Warung Makan Mbak Toen yang terletak di dekat obyek wisata pemandian dan pemancingan Muncul. WM Mbak Toen sering menjadi tempat singgah para pelancong yang melewati jalur alternatif Salatiga-Ambarawa. Kebetulan warung ini juga menyediakan tempat lesehan cukup luas, sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pecel keong dan aneka menu lain yang tak kalah lezat.

Belut goreng yang juga sangat cocok disantap bersama pecel keong

Belut goreng yang gurih dan krispi juga sangat cocok disantap bersama pecel keong

Kolak ketan yang akan menyempurnakan santap anda di WM Mbak Toen, Muncul - Salatiga

Kolak ketan yang akan menyempurnakan santap anda di WM Mbak Toen, Muncul – Salatiga

Karena berdekatan dengan tempat pemancingan, menu yang ditawarkan pun tak jauh dari aneka jenis masakan ikan. Selain pecel keong, anda bisa memesan ikan mujair, lele, wader, keripik udang, dan belut goreng. Ikan wader goreng juga sangat cocok dikombinasikan dengan nasi pecel, begitu pula belut gorengnya. Jika tak suka pecel, anda bisa memesan menu ikan nila/mujair/lele atau belut goreng lengkap dengan sambal dan lalapan.

Satu menu minuman yang tak boleh dilewatkan di warung pecel Mbak Toen adalah kolak ketan. Ketan putih yang pulen ditambahkan ke dalam semangkuk kolak pisang. Rasa kolak pisang yang manis berpadu sempurna dengan legit dan gurihnya ketan. Kolak ketan akan terasa nikmat dan segar jika disajikan dengan es batu. Bersantap pagi maupun siang di WM Mbak Toen memberi pengalaman yang sungguh mengesankan. Disini kita bisa menikmati kuliner ndeso ala Salatiga yang lezat dan sehat, dengan harga yang sangat ramah di kantong.

Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Muncul 25 Desa Rowoboni (jalur alternatif Salatiga – Ambarawa) 

 

Februari 2013

 

 

(Dilihat 3.431 kali, 7 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 16 Juni 2013 — 3:32 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved