KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Resep Nasi Goreng Jepang (Yakimeshi)

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Nasi goreng memang sudah menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia, meskipun sebenarnya ada juga pengaruh budaya kuliner Tiongkok di dalamnya. Ada begitu banyak varian nasi goreng, yang biasanya dicirikan dengan jenis isian atau bumbu. Sebut saja nasi goreng Jawa yang cenderung manis gurih karena menggunakan kecap, nasi goreng Padang dengan bumbunya yang khas, dan nasi goreng merah ala Makassar. Belum lagi nasi goreng dengan basis chinese food yang isiannya bisa sangat beragam.

                  (Foto ilustrasi: utilisima.org.mx)

Meski demikian, varian nasi goreng yang berasal dari luar negeri juga tak kalah menariknya. Nasi goreng ala Jepang atau Yakimeshi, misalnya, selain menarik cara membuatnya juga cukup mudah. Tak jauh beda dengan cara membuat nasi goreng khas Indonesia. Yang sedikit lain adalah bumbu yang digunakan. Jika di Indonesia memakai kecap manis, nasi goreng Jepang ini menggunakan shoyu atau kecap asin Jepang. Berikut ini adalah resep nasi goreng Jepang yang bisa anda coba di rumah.

 

Bahan:
– Nasi putih yang pulen untuk 2 porsi
– Telur ayam 2 butir. Kocok terlebih dahulu
– Daging sapi 100 gr. Iris tipis. Bisa juga diganti udang
– Bakso sapi 4 butir. Iris tipis
– Wortel 1 buah. Gunakan setengahnya saja, atau tergantung selera. Iris tipis memanjang atau kotak-kotak kecil
– Daun bawang 1 batang. Iris tipis

Bumbu:
– Bawang putih 3 siung. Cincang halus
– Bawang bombay 1 buah. Iris tipis
– Shoyu (kecap asin Jepang) 2 sdm. Kalau agak sulit mencarinya bisa digantikan dengan kecap asin lokal yang diencerkan, atau kecap ikan yang rasanya lebih gurih
– Merica 1/2 sdt
– Garam secukupnya
– Minyak sayur atau margarin secukupnya

 

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak atau margarin. Masukkan telur yang telah dikocok. Aduk seperti saat membuat telur orak-arik. Masak hingga agak kering. Angkat dan sisihkan.
2. Dengan wajan yang sama, panaskan lagi minyak/margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih. Masukkan daing sapi dan bakso yang sudah dipotong-potong. Pastikan daging sudah matang sebelum menambahkan bahan lain.
3. Masukkan wortel dan daun bawang. Aduk sebentar jangan sampai terlalu layu.
4. Tambahkan nasi, disusul telur orak-arik tadi. Aduk agar semua tercampur rata. Jangan lupa menambahkan bumbu lain seperti garam, merica, dan shoyu. Aduk-aduk terus hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata. Masak dalam api besar hingga matang dan tercampir sempurna.
5. Nasi goreng Jepang siap disajikan.

 

(Dilihat 641 kali, 18 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 10 Januari 2017 — 6:06 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved