KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Resep Sate Kere Khas Solo Untuk Menu Berbuka Puasa

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Ini adalah satu lagi inspirasi menu berbuka puasa dengan olahan sate-satean berbahan non-hewani. Hidangan yang cocok bagi pelaku vegetarian yang tetap ingin mencecap citarasa khas sate nusantara. Sate Kere adalah makanan khas Solo yang menggunakan gembus sebagai bahan utamanya. Kini memang sudah makin banyak penjual sate kere yang menyertakan sate jeroan sapi di dalamnya, namun yang otentik tetaplah yang berbahan gembus.

Seporsi Sate Kere Komplit

                       (Ilustrasi: Seporsi Sate Kere Komplit)

Sate kere yang terlalu banyak menggunakan bahan hewani justru akan menghilangkan hakikat kekereannya. Gembus yang berharga murah adalah satu alasan kenapa sate ini disebut kere yang berarti miskin atau melarat. Kalaupun sulit menemukan penjual gembus di daerah anda, bisa saja diganti dengan tempe atau tahu kulit. Tapi tentunya ini agak memyimpang dari pakem.

Dengan bahan yang murah meriah dan mudah didapat kita bisa menciptakan hidangan yang tak kalah menggugah selera. Berikut ini adalah resep sate kere khas Solo yang bisa anda coba di rumah:

 

Bahan:

– Gembus 2 bungkus. Potong memanjang atau sesuai selera

Bumbu Oles:

– Sambal kacang

– Kecap manis 2 sdm

– Saus sambal 1 sdm

– Minyak goreng 1 sdm

 

Bumbu Sambal Kacang:

– Kacang tanah 1/4kg. Digoreng

– Cabe keriting 3 buah

– Cabe rawit 3 buah. Direbus

– Kemiri 4 butir. Disangrai

– Gula merah 2 1/2 sendok makan. Disisir halus

– Garam secukupnya

– Air matang

 

Cara Membuat:

  1. Gembus dimasak bacem terlebih dulu agar rasa bumbunya lebih meresap. Tapi bila tidak ingin repot bisa langsung ditusuk potongan-potongan gembusnya dengan tusukan sate. Dengan cara yang terakhir ini otomatis bumbunya hanya mengandalkan bumbu oles.
  2. Membuat Sambal Kacang: Kacang tanah, cabai, kemiri, gula merah, dan garam dihaluskan. Tuangi air, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental. Tiriskan
  3. Bumbu oles: Campur kecap manis dengan saus sambal, sambal kacang, dan sedikit minyak goreng. Aduk rata. Tempatkan dalam wadah yang agak lebar.
  4. Rendam sate gembus dalam bumbu oles. Diamkan beberapa menit, lalu bakar.
  5. Di saat membakar bisa dioleskan lagi bumbunya secara merata agar rasanya lebih meresap.
  6. Sajikan sate kere dengan irisan lontong dan siraman sambal kacang. Jangan lupa menambahkan irisan cabai dan bawang merah segar sebagai pelengkap.

 

 

(Dilihat 2.779 kali, 42 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 17 Juni 2016 — 10:47 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved