KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Resep Sederhana Kue Cubit

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Inovasi adalah hal yang mutlak diperlukan agar suatu produk bisa terus menemukan relevansinya seiring dengan perkembangan zaman. Dalam dunia kuliner, selain konsistensi kualitas, inovasi adalah syarat agar suatu produk bisa tetap bertahan di tengah selera masyarakat yang terus berkembang. Inovasi dalam aneka makanan tradisional pun bukan sesuatu yang haram, meski akan selalu ada yang menggugat orisinalitas produk terkait. Kita sudah menyaksikan betapa surabi khas Bandung bisa dikombinasikan dengan aneka bahan yang lekat dengan citarasa Barat. Es Pisang Ijo juga mulai banyak dikreasi dengan bahan-bahan yang sebelumnya tak terpikirkan, seperti keju ataupun biskuit cokelat.

kue-cubit

                          (Ilustrasi foto: bengkuluekspress.com)

Yang juga menarik adalah kue cubit. Jajanan tradisional ini belakangan mulai populer lagi setelah mendapat sentuhan modern dengan pilihan rasa yang variatif. Yang dulu hanya dikombinasi dengan cokelat dan keju, sekarang orang makin berani bereksperimen memunculkan rasa green tea (teh hijau), red velvet, dan sebagainya. Mereka tidak hanya menyuguhkan rasa yang enak, tapi juga tampilan yang lebih menarik.

Berikut ini adalah resep sederhana kue cubit, yang nantinya tentu bisa anda kreasikan sendiri dengan aneka warna dan rasa yang diinginkan.

Bahan:

  • Tepung terigu 100 gram
  • Telur 3 butir
  • Gula pasir 100 gram
  • Margarin 100 gram, lelehkan
  • Baking powder ½ sdt
  • Soda kue ¼ sdt
  • Vanili bubuk 1 bungkus
  • Keju parut dan coklat meses. Untuk topping bisa disesuaikan tergantung selera

 

Cara Membuat:

  1. Kocok telur dengan gula pasir hingga mengembang dan gula menjadi larut. Bisa dikocok secara manual maupun menggunakan mixer.
  2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur tadi, sambil diaduk hingga rata. Masukkan margarin cair, aduk rata. Disusul bahan-bahan lain seperti soda kue, baking powder dan vanili. Aduk dan pastikan semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam wadah atau gelas takar agar lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan khusus kue cubit di atas api kecil. Jangan lupa olesi dulu permukaannya dengan sedikit margarin agar tidak lengket. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Jangan terlalu penuh menuangya, sisakan sedikit ruang dalam cetakan karena adonan pasti mengembang saat matang.
  5. Taburkan keju atau cokelat meses saat adonan masih setengah matang. Tutup panggangan dan teruskan memasak hingga kue matang sempurna dan bagian bawa kue mulai berwarna kecokelatan.
  6. Angkat kue cubit dan sajikan. Bisa ditambahkan parutan keju dan taburan cokelat meses di atasnya.

 

 

(Dilihat 948 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 6 September 2015 — 4:58 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved