Resep Spaghetti Aglio e Olio ala Resto

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Seringkali kita menemukan menu ini baik di bistro ataupun cafe yang menyediakan menu makan berat. Menu pasta yang satu ini merupakan salah satu menu Italia klasik. Pasta yang menggunakan bahan utama bawang putih yang ditumis dengan minyak zaitun ini berasal dari daerah Italia Selatan yang terkenal dengan masakan yang sederhana namun dengan rasa yang cukup kompleks. Spaghetti Aglio e Olio bisa dibilang menu pasta yang cukup sederhana dan dapat kita masak sendiri di rumah loh. Berikut ini adalah resep untuk membuat Spaghetti Aglio e Olio.

(Foto ilustrasi)


Bahan (bisa untuk 4 porsi):
– 8 siung bawang putih
– 1 buah cabai merah besar
– 400 gram Spaghetti
– Minyak zaitun extra virgin
– Keju Parmesan
– Jeruk lemon

Cara Memasak :
1. Kupas dan cincang bawang putih, kemudian potong cabai merah besar dengan halus.
2. Rebus spaghetti dalam panci berisi air garam selama ± 8 menit.
3. Sementara spaghetti direbus, panaskan ± 80 ml minyak zaitun extra virgin di wajan. Tambahkan bawang putih cincang dan cabai merah yang telah dipotong halus. Tumis sampai bawang putih berubah menjadi emas kecoklatan atau sekitar 1 menit.
4. Setelah itu, parut kulit lemon secukupnya untuk menambah kesegaran dalam Spaghetti.
5. Masukkan spaghetti ke dalam panci, dan tambahkan sedikit air rebusan spaghetti ke panci, kemudian masak sebentar hingga bumbu dan pasta tercampur.
6. Peras jeruk lemon untuk menambah sedikit keasaman, kemudian sajikan dengan parutan keju permesan dan sedikit dressing minyak zaitun.

Mudah untuk dimasak bukan? Kunci dari hidangan ini adalah ketika menumis bawang putih sampai mendapatkan warna emas kecoklatan untuk mendapatkan rasa yang pas. Apabila undercook rasa yang didapatkan kurang kuat dan bila terlalu coklat maka rasanya akan sedikit pahit.

(Dilihat 886 kali, 2 kunjungan hari ini)
Updated: 7 April 2019 — 4:18 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *