KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Resep Spaghetti Dengan Saus Tomat Segar

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Sehat itu mahal, tetapi membuat makanan sehat tidak selalu butuh ongkos yang mahal. Dari bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumah kita bisa saja berkreasi membuat menu yang menarik, mengandung nutrisi yang cukup, plus tidak menguras kantong. Beberapa waktu yang lalu, misalnya, harga tomat sempat anjlok dan stok tomat di rumah pun jadi melimpah. Dalam kondisi demikian, insting kreatif kita biasanya muncul. Bagaimana caranya mengolah tomat yang begitu banyak agar tidak terbuang percuma. Salah satu opsi yang menarik adalah membuat saus tomat sendiri dari bahan-bahan segar tersebut. Dari beberapa pilihan menu yang ada, spaghetti adalah menu yang paling cocok jika dipadukan dengan saus tomat segar semacam ini.

Spaghetti Saus Tomat SegarSpaghetti dengan saus tomat segar buatan sendiri tentu akan memberi sensasi rasa yang berbeda jika dibanding dengan saus kemasan atau kalengan. Bahan isian atau pelengkapnya pun tak perlu terlalu bermewah-mewah. Dengan bahan segar semacam itu, padu padan dengan bahan non hewani akan lebih menarik. Alih-alih menggunakan daging, kita bisa manfaatkan jamur kancing atau champignon. Hasilnya adalah spaghetti dengan saus tomat segar dan jamur yang rasanya ringan dan lebih menyegarkan. Menu semacam ini juga cocok untuk vegetarian.

Bahan:

  • Pasta spaghetti 225 gr
  • Tomat segar 6 buah
  • Jamur kancing atau champignon
  • Parsley secukupnya, cincang halus
  • Bawang bombay 1 buah, diiris tipis
  • Bawang putih 3 siung, cincang halus
  • Garam 1 sdt
  • Gula pasir 1 sdt
  • Merica bubuk 1/2 sdt

Cara membuat:

  1. Rebus tomat, angkat dan kupas kulit bagian luarnya. Tomat yang sudah dikupas tersebut lantas dihaluskan, bisa dengan manual atau menggunakan blender.
  2. Membuat saus: Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air agar tidak lengket. Masukkan jamur champignon yang sudah dipotong-potong. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica. Bisa juga ditambahkan 1 sdt bubuk kaldu, tapi ini sifatnya opsional. Aduk-aduk agar semua tercampur rata dan masak hingga mendidih.
  3. Rebus pasta spaghetti dalam air mendidih dan tambahkan sedikit garam agar rasanya tidak terlalu hambar. Bila sudah mencapai tekstur al dente, segera angkat pasta dan tiriskan.
  4. Sajikan pasta spaghetti di piring dengan siraman saus tomat dan jamur di atasnya. Percantik dengan taburan parsley cincang. Taburan keju sifatnya opsional. Bila ingin citarasa yang lebih fresh dan natural, keju bisa diabaikan.

 

 

(Dilihat 1.003 kali, 8 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 15 September 2015 — 4:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved