KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Resep Tahu Bulat Goreng Crispy

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Saat bulan Ramadan, salah satu makanan paling digemari sebagai menu takjil saat berbuka puasa adalah gorengan. Agaknya memang sulit untuk memisahkan selera makan orang Indonesia dengan aneka jenis makanan yang diolah dengan digoreng. Barangkali rasa gurih dan renyah dalam gorengan itulah yang membuat orang jadi ketagihan, sampai-sampai tiada hari yang terlewati tanpa menu ini.

(Foto ilustrasi tahu bulat goreng crispy)

(Foto ilustrasi tahu bulat goreng crispy)

Ada satu jenis gorengan yang belakangan ini menjadi begitu populer, namanya tahu hikat crispy. Bentuknya melawan pakem tahu yang biasanya kotak. Pun penyajiannya diusahakan selalu fresh, baru digoreng begitu ada pesanan. Sungguh godaan berat bagi para pecinta gorengan. Bisa dibayangkan perpaduan antara rasa gurih, renyah dan hangat yang memanjakan indera pengecap. Belum lagi aroma tahu yang menggoda saat baru saja diangkat dari penggorengan.

Kenikmatan tahu bulat crispy ini bisa anda dapatkan sensiri di rumah dengan sedikit usaha. Cara membuatnya tak terlalu rumit, bahannya pun sederhana dan murah meriah. Menu alternatif jika bosan dengan olahan tahu yang itu-itu saja. Berikut ini adalah resep tahu bulat crispy:

 

Bahan:

– Tahu putih 4 buah

– Telur ayam 1 butir. Ambil kuning telurnya saja

– Tepung bumbu serbaguna

– Baking powder 1/4 sdt

 

Bumbu:

– Bawang putih 3 siung

– Merica bubuk 1/4 sdt

– Garam secukupnya

 

Cara Membuat:

  1. Cuci tahu dengan air panas, lalu tiriskan. Lumat tahu dengan mengginakan garpu atau sendok. Saring lagi tahu untuk mengurangi kandungan airnya.
  2. Tahu kemudian dicampur dengan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan. Tambahkan kuning telur, merica dan baking powder. Aduk semua bahan dan bumbu hingga tercampur sempurna.
  3. Buat bulatan-bulatan kecil dari tahu. Ukuran jangan terlalu besar. Taruh dalam wadah tertutup, lalu simpan lebih dulu di kulkas selama kurang lebih 2 jam.
  4. Setelah itu siapkan tepung bumbu. Baluri bulatan-bulatan tahu dengan tepung bumbu, lalu goreng. Saat menggoreng jangan didiamkan saja. Aduk-aduk tahu selama menggoreng agar bisa mengembang. Begitu warna sudah mulai berubah jadi kecokelatan, angkat tahu bulat dan tiriskan.
  5. Tahu bulat goreng crispy siap disajikan dengan cocolan saus sambal atau saus tomat.

 

 

(Dilihat 959 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 28 Juni 2016 — 9:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved