KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Ronde Mak Pari Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Ronde susu di Ronde Mak Pari Salatiga

Wedang ronde memang sajian yang paling pas dinikmati di tengah dinginnya udara kota Salatiga. Minuman tradisional penghangat tubuh ini berisikan kuah jahe, ronde (bulatan-bulatan kecil dari tepung ketan), agar-agar, kolang-kaling, dan kacang tanah sangria. Di Salatiga anda bisa mendapati banyak sekali penjual ronde, dari yang pakai gerobak keliling, PKL di emperan toko, hingga yang kelas warung seperti Ronde Mak Pari dan Ronde Jago.

Jika sedang singgah di Salatiga sempatkanlah untuk mencicipi ronde legendaris yang telah menjadi ikon ronde khas kota ini: Ronde Mak Pari. Mak Pari memulai usaha wedang rondenya sejak tahun 1947 dan sekarang sudah memiliki 5 cabang di Salatiga.

Ronde tape — Ronde Mak Pari Salatiga

Berbeda dengan Ronde Jago, Ronde Mak Pari tampilan dan rasanya lebih njawani karena lebih menonjolkan rasa jahe yang kuat tanpa menambahkan bahan-bahan isian yang cenderung aromatik. Meski begitu, Mak Pari juga tetap  memvariasikan wedang rondenya dengan berbagai rasa, seperti misalnya: ronde susu, ronde cokelat, ronde jeruk, ronde tape, ronde rumput laut, dan lain lain. Kurang lebih ada 10 jenis wedang ronde di warung ini.

Sebagai pelengkap, warung ini juga menyediakan beberapa macam makanan ringan seperti gorengan, pisang gula, tahu bacem, telur puyuh, dan jadah bakar.

Deretan makanan ringan di Ronde Mak Pari Salatiga

Pengunjung dari luar kota, mungkin akan sedikit kesulitan menemukan lokasi warung Ronde Mak Pari, karena letaknya memang bukan di jalan utama. Tapi jika sudah tahu beberapa landmark penting di kota Salatiga ini, niscaya akan lebih mudah mencarinya. Berikut ini sedikit panduan jalan menuju warung Ronde Mak Pari:

Dari Lapangan Pancasila (alun-alun) arahkan kendaraan anda ke Jl. Brigjen Sudiarto –> belok kiri tepat di jalan kecil sebelum pom bensin (Jl. Merbabu) –>  ikuti jalan tersebut hingga ketemu dengan pertigaan, belokkan kendaraan ke kanan (Jl. Merapi) –> susuri saja jalan ini hingga anda menemukan warung Ronde Mak Pari di sisi kiri jalan.  

Lokasi : Jl.Merapi, Salatiga

Jam buka: 18.00-22.00

Januari 2013

*Sumber Gambar: foodsafarisalatiga.blogspot.com
 

 

(Dilihat 2.165 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 30 Januari 2013 — 9:37 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved