KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sajian Laut Istimewa di RM Seafood Pak Sangklak Semarang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Semarang sesungguhnya memiliki potensi kuliner berbasis bahan laut yang cukup baik, mengingat posisinya memang dekat dengan laut. Sayangnya kuliner jenis ini kurang banyak diekspos, atau memang kurang populer di masyarakat. Boleh jadi kultur masyarakat Jawa Tengah yang cenderung agraris turut mempengaruhi preferensi dalam hal makanan. Mereka menjadi lebih akrab dengan kuliner yang berbasis hewan darat seperti unggas, sapi, maupun kerbau. Untuk lebih mempopulerkan lagi kuliner berbasis produk laut, tak ada salahnya untuk mengangkat tempat makan terkenal di Semarang ini: Rumah Makan Seafood Pak Sangklak.

(foto:  joglosemarang.blogspot.com)

                                                 (foto: joglosemarang.blogspot.com)

Namanya mungkin sudah tak asing bagi penggemar seafood, karena Pak Sangklak memang ditahbiskan sebagai salah satu resto seafood terbaik (kalau bukan yang terbaik) di Semarang. Tempat ini khusus menyajikan hidangan laut. Selain dari faktor rasa, keunggulan lain tempat ini juga terletak pada pilihan menu seafood-nya yang variatif, bahkan mungkin salah satu yang terlengkap di Semarang. Di sini pembeli bisa menikmati aneka olahan ikan dari kakap, kerapu, dorang, bawal, baronang, hingga mubara (kue). Selain itu, ada juga kepiting (jantan, super, telur), cumi, udang, kerang dara, kerang hijau, dan srimping (kerang berbentuk pipih dan lebar). Yang terakhir disebut ini termasuk menu yang paling banyak digemari di rumah makan ini.

Untuk jenis masakannya, pembeli tinggal memilih apakah goreng, rebus, asam manis, saus tiram, mentega, tauco, cabai hijau, atau yang lainnya. Jika ingin mencoba menu andalan tempat ini, pesanlah srimping goreng bawangnya. Kerang berbentuk pipih dan agak lebar ini diolah utuh dengan cangkangnya, sehingga pelanggan pun bisa tahu kesegaran bahannya. Meski hanya dimasak dengan bumbu minimalis, citarasanya tetap bisa memikat banyak orang. Belum lagi dagingnya yang lembut.

Selain itu, olahan kepitingnya juga tampak menggoda. Kepiting biasa dimasak dengan bumbu asam manis atau saus tiram. Bahan yang dipakai adalah jenis kepiting bakau yang berdaging tebal dan lembut, sehingga sangat memuaskan ketika disantap. Bagi penggemar cumi, tak ada salahnya mencoba cumi cabai hijau. Cumi dimasak dengan bumbu bawang dan kecap manis, disertai irisan cabai hijau yang melimpah. Rasanya manis, gurih dan pedas, seperti kebanyakan masakan Jawa.

Pak Sangklak memulai usaha kulinernya kurang lebih 20 tahun yang lalu. Awal mulanya sang istri sekedar memasak hasil tangkapan suaminya yang suka memancang. Ternyata masakannya disukai banyak orang dan berkembang menjadi rumah makan yang sekarang. Kabarnya, sang pemilik juga memiliki kapal penangkap ikan sendiri, sehingga kesegaran dan kualitas bahan bakunya lebih terjamin. Sayangnya, produk laut tertentu ketersediaan dan harganya juga ditentukan oleh musim. Ini ada untung ruginya buat pelanggan. Jika sedang susah dicari dan persediaan sedikit, otomatis harganya akan naik. Sebaliknya, jika persediaan melimpah, harganya akan jauh lebih murah.

 

 Seafood Pak Sangklak Semarang

Buka: 10.00 – 23.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Telaga Mas No. B 1, Semarang, Jawa Tengah

 

(Dilihat 8.686 kali, 63 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 2 April 2015 — 4:03 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved