KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sate Ayam Cak Ismail (Depan Hotel Beringin) – Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Sate Ayam Cak Ismail Depan Hotel Beringin Salatiga

Meskipun hanya sebuah kota kecil, ternyata Salatiga memiliki cukup banyak kuliner legendaris. Dari sambal tumpang, gecok kambing, pecel madya, ronde, soto, gudeg koyor, dan yang akan kita bahas kini: sate ayam.

Sate Ayam Cak Ismail yang berlokasi di depan Hotel Beringin termasuk salah satu kuliner legendaris di Salatiga. Sate ayam ini sudah bertahan lebih dari 2 dekade dan dari dulu hingga kini masih menempati lokasi yang sama. Meski penggemarnya sangat banyak Cak Ismail masih tetap tidak menempati bangunan warung permanen. Gaya kaki limanya tetap dipertahankan. Dari dulu “warung”-nya hanya terdiri dari sebuah pikulan sate tradisional madura dan beberapa bangku kayu/plastik untuk menampung pelanggannya. Atapnya adalah langit terbuka. Untuk melindungi diri dari hujan, cukup dipasang terpal kecil di atas pikulan sate. Entah apa yang menjadi pertimbangannya, tapi yang jelas tempat jualannya itu juga menjadi ciri khas dari Sate Ayam Cak Ismail. 

Satu porsi Sate Ayam Cak ISmail berisi sepuluh tusuk sate dengan ukuran cukup besar dan lontong yang pulen dan lembut di lidah

Selain rasa, keistimewaan sate ini terletak pada potongan-potongan dagingnya yang cukup besar dan lontongnya yang terasa lembut di lidah. Sambal kacangnya legit dengan rasa manis-gurih yang pas. Sate Ayam ini makin terasa lengkap dengan taburan potongan cabe rawit dan bawang merah yang cukup banyak di atasnya. Zaman dulu Cak Ismail juga menyediakan sate uritan (telur ayam yang masih setengah jadi) yang rasanya sangat istimewa dan digemari banyak pelanggan setianya. Tapi mungkin karena makin susah memperoleh bahannya, menu sate uritan kini sudah tidak ada lagi.

Sate Ayam Cak Ismail bertempat persis di samping jalan masuk Hotel Beringin Salatiga

Karena tempatnya kurang akomodatif, kebanyakan pembeli memesan sate untuk dibawa pulang. Namun ada juga yang memilih untuk menyantapnya di tempat sambil menikmati suasana Salatiga di kala malam. Sambil menikmati sate ayam, anda pun bisa memesan semangkuk ronde hangat yang dijual di sepanjang trotoar depan Hotel Beringin.

Sate Ayam Cak Ismail buka sore hari dan biasanya sudah mulai habis sekitar jam 8 malam.

Buka: sore – malam
Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Salatiga. Depan Hotel Beringin

April 2013

 

(Dilihat 1.144 kali, 3 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 18 April 2013 — 2:04 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved