KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sate Buntel Tambak Segaran Solo

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Sate Buntel Tambak Segaran

Bagi penggemar sate kambing tempat ini mungkin tidak asing lagi. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate kambing disini terbuat dari daging cincang yang dibalut dengan lembaran lemak kambing yang tipis. Inilah yang menyebabkan sate ini disebut sate buntel (bungkus/balut).

Daging kambing cincang dibumbui dengan aneka rempah-rempah untuk memunculkan citarasa yang kuat. Begitu dibakar, lemak pembungkus akan lumer dan meresap ke dalam daging kambing, memunculkan aroma yang menggugah selera. Cara mengolah yang khusus membuat daging terasa empuk dan bau khas kambing (bau prengus) tak tercium lagi. Salah satu cara agar daging empuk adalah dengan membuang seluruh otot kambing. Otot ini nantinya masih bisa diolah menjadi sate koyor.  

Membakar sate buntel

Seporsi sate buntel tambak segaran

Sate buntel Tambak Segaran disajikan dengan kecap buatan sendiri yang tidak terlalu pekat, dengan rasa manis-asin yang pas. Disantap dengan nasi hangat, sate buntel ini makin terasa nikmat. Selain sate buntel, warung ini juga menyediakan menu lain seperti sate campur, sate ati, sate daging kambing, sate ginjal, gule kambing, gule buntut, gule kaki dan gule sumsum.

Berdasarkan informasi yang ada, sate buntel Tambak Segaran ini adalah hasil kreasi seorang keturunan Tionghoa bernama Liem Hwa Yoe, yang berjualan di Jalan Tambak Segaran Solo sekitar tahun 1948. Sejak 1987 Sate Buntel Tambak Segaran sudah membuka cabang di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Brigjen Katamso 192 serta di Jalan Kaliurang KM 9. Pengelolanya tak lain adalah keturunan dari Liem sendiri, Ibu Budi Santoso.

Lokasi: Jl. Tambaksegaran no.39 (Jl. Sutan Syahrir 149), Kota Solo, Jawa Tengah.

Januari 2013

*Sumber gambar: panduanwisata.com

(Dilihat 1.504 kali, 5 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 22 Februari 2013 — 3:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved