KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sate Kambing Mbok Galak – Solo

FacebookTwitterGoogle+PinterestDeliciousShare

Sate Kambing Mbok Galak Solo

Solo memiliki cukup banyak tempat yang menawarkan aneka olahan kambing yang lezat, salah satunya adalah Warung Sate Kambing Mbok Galak di daerah Sumber, Solo. Tempat ini menyediakan berbagai macam pilihan olahan kambing seperti sate kambing, sate buntel, tongseng, gule, dan tengkleng. Namun di antara kesemua menu itu yang paling mengesankan adalah sate kambing, sate buntel, dan tongsengnya. 

Sate buntel terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis. Karena ukuran yang besar dan tebal, sate buntel biasanya disayat agar dagingnya bisa matang sempurna hingga bagian dalam. Lemak pembungkus yang terbakar turut menambahkan aroma yang menggoda pada sate buntel. Sate ini kemudian disajikan dengan bumbu kecap yang kental dengan irisan bawang merah segar di dalamnya. Selain itu disediakan pula irisan daun kol, jeruk nipis dan cabai rawit utuh dalam piring terpisah.

Untuk sate kambingya, potongan-potongan daging yang digunakan berukuran cukup besar namun tetap empuk. Juga tak tercium sama sekali bau prengus kambing. Satu porsi sate kambing terdiri dari 10 tusuk, sehingga anda bisa bayangkan betapa puasnya menyantap Sate Kambing Mbok Galak ini. Bumbu yang digunakan dan penyajiannya tidak berbeda dengan sate buntel.

Tongseng Kambing Mbok Galak – Solo

Tongseng olahan Mbok Galak juga terasa istimewa karena menggunakan potongan daging kambing yang cukup banyak, tanpa disertai jeroan. Daging tersebut dimasak dengan kuah gule, sedikit kecap, serta ditambahkan pula irisan tomat, daun kol, dan cabe utuh. Kuahnya mlekoh dan terasa mantap di lidah.

Kalau anda makan berdua dengan teman akan lebih asyik jika memesan 2 menu berbeda (sate dan tongseng), sehingga bisa mencecap kekhasan masing-masing masakan. Pun anda bisa mencoba nikmatnya menyantap sate kambing dengan nasi putih yang disiram kuah tongseng.

Warung sate yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an ini penggemarnya cukup banyak, datang dari dalam maupun luar kota. Satu porsi sate (10 tusuk) dan tongseng kambing dihargai Rp 30.000,-  (harga April 2013).

Buka jam 07.30 – 18.00
Lokasi: Jl. Kimangunsarkoro No.122, Sumber – Solo

April 2013

 

Tulisan Terkait

Updated: 29 April 2013 — 1:28 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2012 - 2014. KabarKuliner.com | Referensi Kuliner Pilihan