KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sate Kuda Gondolayu yang Eksotis – Jogja

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Sate Kuda Gondolayu – Jogja

Bagi anda yang gemar berpetualang kuliner dan tak keberatan mencoba menu baru yang terkesan nyeleneh, maka ada satu hidangan sate di Jogja yang perlu anda coba: Sate Jaran (bahasa Jawa dari Kuda) Gondolayu. Lokasi warung satenya tak jauh dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di sisi barat jembatan Gondolayu. Warung ini berdiri sejak tahun 1997 dan sudah sangat terkenal di kalangan pecinta sate kuda. Pengunjungnya datang dari dalam maupun luar kota.

Banyak orang tertarik mencicipi sate kuda karena dagingya dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Daging kuda dikenal rendah kolesterol dan tidak banyak mengandung lemak, sehingga dianggap relatif aman dikonsumsi untuk mereka yang memiliki masalah hipertensi dan kolesterol tinggi. Daging kuda juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan sakit rematik, asma, diabetes, gatal-gatal, dan epilepsi. Bahkan ada juga yang sengaja menyantap sate kuda untuk meningkatkan stamina seksual mereka.

Sate Kuda Gondolayu yang empuk

Selain pelbagai klaim kesehatan tersebut, apa yang menarik dari Sate Kuda Gondolayu? Dari segi rasa dan tekstur dagingnya mungkin tak jauh beda dengan sate kambing, namun anda tidak akan mendapati bau prengus khas kambing. Daging kuda memang memiliki serat yang lebih besar dan biasanya cenderung alot. Tapi di warung ini daging kuda bisa diolah sedemikian rupa hingga tetap terasa empuk. Bayangan orang tentang daging kuda yang aneh dan alot biasanya langsung pupus kalau sudah mencicipi Sate Kuda Gondolayu ini. Dalam satu porsi anda bisa menikmati enam tusuk sate kuda dengan potongan-potongan daging yang cukup besar. Sate ini disajikan dengan nasi putih, dan terasa lebih nikmat jika disantap saat masih hangat.

Jika masih penasaran, silakan datang sendiri ke warungnya dan buktikan khasiatnya.

 

Jam buka: 09.00 – 21.30 WIB

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman 25, Yogyakarta. Sisi barat jembatan Gondolayu

 

Maret 2013

*Sumber foto: www.iwantgoto.com

(Dilihat 549 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 21 Maret 2013 — 2:32 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved