KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Selat Solo Mbak Lies

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Menu selat Solo di Warung Selat Solo Mbak Lies

Warung Selat Solo Mbak Lies adalah satu tempat yang banyak direkomendasikan orang ketika ingin menjajal kelezatan dan kesegaran selat Solo yang khas. Selat Mbak Lies sangat kondang di kalangan pecinta kuliner dan warungnya pun sudah berkali-kali diliput oleh stasiun tivi nasional. Selain karena kualitas masakannya, warung selat yang terletak di daerah Serengan Solo ini  juga terkenal karena keunikan tata ruangnya. Warung dipenuhi dengan pernak-pernik barang antik sehingga tempatnya menyerupai ruang pameran. Untuk menambah kemeriahan suasana, pegawainya turut didandani dengan seragam unik yang warna-warni.

Selat Bistik Mbak Lies

Warung Mbak Lies menawarkan dua jenis selat Solo, yakni selat bistik dan selat galantin. Selat bistik berisikan dua potong daging yang empuk, telur pindang, kentang goreng, ceriping kentang (kentang tipis digoreng garing), kacang polong, wortel dan buncis rebus, irisan tomat, dan daun selada segar. Ditambahkan pula irisan bawang merah segar, acar ketimun, dan mayones yang bisa memperkaya citarasa.

Mayonesnya dibuat sendiri dari adonan mentega ditambah kentang, kuning telur, cuka apel, dan gula pasir. Racikan selat bistik menggunakan kuah encer kecokelatan mirip semur yang disebut juga dengan kuah segar.

 

Selat Galantin Mbak Lies

Untuk selat galantin, potongan daging diganti dengan potongan galantin daging sapi. Galantin adalah semacam rolade daging yang terbuat dari daging sapi cincang yang telah dibalut dengan aneka bumbu. Telur yang digunakan bukan telur pindang, melainkan telur kukus yang dicetak dalam wadah berbentuk bunga. Selat galantin bisa disajikan dengan kuah segar atau kuah/ saus yang lebih kental.

Menu lain yang bisa dicoba di warung ini adalah tahu acar, gado-gado, sup manten, dan timlo. Untuk minumannya anda bisa pilih aneka jus buah, es tape, es kelapa muda, es kolak, dll.

Mbak Lilies, sang pemilik, memulai usahanya sejak tahun 1987 dan mulai dikenal dari gethok tular (promosi dari mulut ke mulut) pelanggannya. Warungnya dari dulu menempati tempat yang sama, menyatu dengan rumah pribadi yang ditinggalinya. Pemiliknya belum berniat untuk membuka cabang. Lokasi Warung Selat Solo Mbak Lies ada di pusat kota Solo, namun letaknya agak tersembunyi karena harus masuk gang. Untungnya ada papan petunjuk di jalan masuk gang yang memudahkan pengunjung untuk mencari warung ini.

Lokasi: Kampung Serengan Gang II/42 Solo, Jawa Tengah. Telepon (0271) 653332.

Jam buka: 10.00-17.00 WIB.

 Februari 2013


*Sumber gambar: warungselat.wordpress.com & panduanwisata.com

 

(Dilihat 5.407 kali, 8 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 21 Februari 2013 — 4:27 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved