KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Selat Solo: Sekilas Info

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Selat Solo

Solo memang gudangnya makanan lezat. Selain nasi liwet, tengkleng, dan sate kere, ada satu lagi makanan khas Solo yang tak boleh dilewatkan yakni selat segar / selat Solo. Selat Solo adalah satu bentuk adaptasi dari masakan Barat yang telah disesuaikan dengan lidah lokal. Selat Solo ini bisa juga disebut saladnya wong Solo, karena bahan-bahan yang dipakai di dalamnya memang serupa.

Selat Solo tidak hanya kaya gizi, tapi juga kaya rasa. Satu porsi selat Solo biasanya terdiri dari potongan daging, telur pindang, dan sayuran seperti daun selada, tomat, wortel, buncis, dan kentang. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah coklat yang menyerupai kuah semur. Untuk memperkaya rasa, ditambahkan pula saus mayones, irisan bawang merah segar dan acar mentimun di atasnya. Rasanya sungguh meriah, ada gurih, manis, dan asam.

Mayones biasanya dibuat sendiri dari adonan mentega ditambah kentang, kuning telur, cuka apel, dan gula pasir. Kadang juga menggunakan mustard. Sementara kuah selat segarnya diambil dari rebuasan daging dan tulang sapi yang telah dibumbui dengan lada, pala, cengkeh, bawang bombai, gula pasir, garam, kecap manis, dan bawang merah.

Selat Solo bisa dijumpai di banyak tempat, diantaranya yang cukup populer di Solo adalah:

 

*Sumber gambar: surakarta.go.id

 

(Dilihat 1.006 kali, 1 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 28 Februari 2013 — 5:26 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved