KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sensasi Menu Hotplate Penggugah Selera ala RM Puri Oka

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Rumah Makan Puri Oka yang berlokasi di Jl. Gajah Mada, Semarang, ini secara penampilan memang tidak semeriah menu makanan yang ditawarkannya. Tempatnya tak terlalu luas dan tertutup, pengunjungnya pun tak begitu ramai. Keberadaannya sebagai rumah makan di tengah ramainya aktivitas perekonomian warfa mungkin takkan disadari orang yang masih asing dengan kompleks pertokoan tersebut. Suasananya agak berbeda di kala malam. Beberapa warung kaki lima turut memeriahkan daerah sekitaran ruko. Tempat parkir pun kian penuh, karena kebetulan di lokasi yang sama juga terdapat warung nasi ayam yang cukup kondang di Semarang.

Hotplate Puri Oka Semarang(1)Tak banyak informasi yang bisa digali tentang sejarah RM Puri Oka. Konon tempat ini sudah ada sejak lama dan cukup terkenal di kota Semarang. Meski menyandang reputasi sebagai tempat kuliner lawas, menu yang ditawarkan terlihat begitu kekinian, atau setidaknya campuran antara menu tradisional dan modern. Di sini tersedia lontong opor, gado-gado, nasi kuning, nasi langgi, nasi goreng, kepiting lemburi telur asin, aneka olahan seafood, hingga berbagai hidangan hotplate. Varian menu yang terakhir tersebut kini seolah sudah menjadi trademark dari RM Puri Oka. Jika bosan menyantap hidangan mie yang biasa, mie hotplate di Puri Oka bisa dicoba karena menawarkan sensasi yang berbeda.

Mie disajikan di atas piring tanah liat yang sebelumnya dipanaskan atau dibakar lebih dulu. Hasilnya adalah kepulan asap beraroma sedap yang seketika mampu membangkitkan selera makan. Suara berdesis cess cess cess saat makanan bersentuhan dengan permukaan piring yang panas juga memunculkan sensasi tersendiri. Indera penciuman, perasa, sekaligus pendengaran sekaligus diaktifkan dalam suatu pengalaman bersantap yang mengasyikkan.

Yang disajikan dalam hotplate ternyata bukan hanya mie. Nasi goreng seafood pun disajikan dengan hotplate. Tampilannya terlihat menarik dengan balutan telur dadar tipis dan isian seafood, seperti udang dan cumi, yang melimpah. Ada pula menu beef hotplate yang memadukan olahan daging sapi dengan pelengkap kentang goreng sebagai karbohidratnya. Saat berkunjung ke Puri Oka pastikan perut memiliki ruang kosong yang memadai karena porsi makanan di sini terbilang cukup besar. Bagi yang tak terbiasa makan banyak, satu porsi beef hotplate barangkali cukup untuk makan berdua. Selain menu utama, tersedia juga aneka pilihan minuman dingin, dari es teh hingga es campur khas Puri Oka.

Secara umum pengalaman bersantap di Puri Oka cukup menyenangkan. Selain kualitas makanannya memuaskan, tempatnya juga tak begitu ramai dan nyaman. Kalaupun tak terlihat banyak pengunjung di tempat ini, mungkin karena harga yang ditawarkan rumah makan ini lebih menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Bukan hal yang buruk tentunya. Selama harga sejalan dengan kualitas hidangan, maka tak ada yang perlu dikeluhkan.

 

Lokasi: Ruko Murni. Jl. Gajah Mada No. 144, Blok H, Semarang

Buka: 10.00 – 21.30 WIB

 

 

(Dilihat 979 kali, 11 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 3 Juni 2016 — 9:39 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved