KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Serabi Notosuman Solo

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Serabi Notosuman Solo Ny Lidia

Jalan-jalan ke Solo tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Serabi merupakan salah satu jajanan khas Solo yang cukup banyak variasinya dan penjualnya pun banyak tersebar di  penjuru kota Solo. Serabi Notosuman ini termasuk usaha kuliner tertua di kota Solo yang dirintis sejak tahun 1923. Pemilik yang sekarang adalah generasi ketiga dari Serabi Notosuman.

Serabi Notosuman hanya menyediakan dua pilihan rasa sebagai ciri khasnya: original dan cokelat. Ini sedikit berbeda dengan kebanyakan penjual serabi di Solo yang menambahkan aneka rasa seperti pisang, nangka, keju, coklat, dan sebagainya. Meski pembuatannya sudah semi modern dengan menggunakan kompor gas, kelezatan kue serabinya tidak berkurang.

Alamat Serabi Notosuman Solo. Disini juga tersedia aneka jajanan tradisional

Harga serabi notosuman: Biasa @ Rp2.000,- dan Coklat @Rp2.200,-

Serabi orisinal menawarkan rasa manis dan gurih yang kuat dari santan, sementara untuk rasa cokelatnya berasal dari meses cokelat yang ditaburkan di atas serabi. Teksturnya cukup padat, namun terasa begitu lembut ketika masuk mulut. Serabi Notosuman hanya bisa dinikmati selama 24 jam karena tidak memakai bahan tambahan/pengawet.

Ciri lain dari Serabi Notosuman adalah cara membungkusnya. Sebelum dimasukkan dalam kardus kemasan, biasanya serabi digulung terlebih dulu dan dibalut dengan daun pisang. Dengan begitu serabi dalam kemasan tidak akan saling menempel satu sama lain. Daun pisang itu pun memudahkan menyantap serabi tanpa harus meninggalkan rasa lengket di tangan.

Di Jl, Moh. Yamin terdapat dua penjual Serabi Notosuman yang masing-masing dikenal dengan sebagai serabi bungkus hijau (milik Ny. Lidia) dan serabi bungkus orange. Namun sesungguhnya keduanya sama-sama keturunan dari sang perintis Serabi Notosuman, Hoo Gek Hok. Biasanya Ny. Lidia bersama pegawainya sudah mulai melayani pembeli sejak pukul 4 pagi sampai pukul 6 sore hari.

Harga Serabi Notosumuan dengan rasa orisinal Rp.2.000/ buah, sedangkan untuk rasa coklat Rp.2.200/ buah.

Lokasi: Jl. Mohhamad Yamin No.28 / Serengan, Solo
Telp: 0271-651 852/634433

Beberapa cabang Kue Serabi Notosuman Ny. Lidia:

–        Kudus: Jl. Sunan Muria 16B. Telp (0291) 443704

–        Boyolali: Jl. Pandanaran No. 233. Telp (0276) 3293482

–        Yogyakarta: Jl. Bhayangkara No. 63 B, Patuk. Telp (0274) 7440484

 

Januari 2013

 

(Dilihat 16.785 kali, 55 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 28 Mei 2013 — 7:16 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved