KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sop Kambing “Irwan” dengan Kuah Susu yang Menawan – Jaksel

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Sop Kambing "Irwan" dengan kuah susu yang menggoda (foto: id.openrice.com)

Sop Kambing “Irwan” dengan kuah susu yang menggoda (foto: id.openrice.com)

Keramaian selalu tercipta di Warung Sop Kambing “Irwan” saat hari mulai beranjak gelap. Meski hanya sebuah warung kaki lima yang sederhana, tempat makan ini cukup populer di kalangan pecinta kuliner Jakarta. Sop Kambing racikan Bang Irwan dikenal memiliki citarasa yang gurih sedap dan pilihan isian yang sangat lengkap.

Disini nyaris semua bagian tubuh kambing, dari daging, otak, jeroan, hingga bagian kaki, bisa diolah menjadi hidangan yang lezat. Berkat pengolahan yang prima, bagian-bagian tertentu yang barangkali agak aneh untuk dikonsumsi pun penampilannya tetap terlihat bersih dan menarik. Tak ada kesan kotor atau jijik ketika melihatnya. Tak tercium lagi bau prengus kambing yang bisa meruntuhkan selera makan. Teksturnya pun empuk, tak membuat kapok siapapun yang melahapnya.

Yang menarik, warung ini menggunakan istilah-istilah unik untuk menyebut aneka bahan isian dan pelengkap Sop Kambing. Bayangkan saja, disini anda bisa memesan Sop Kambing yang berisikan pengacara (lidah), perawan desa (tulang rawan), van basten (kaki kambing), eropa (daging), komputer (otak), handuk (babat), spy (mata), selang (usus), dll. Untuk pelengkapnya disediakan racun (sambal), minyak rem (minyak samin), oli (kecap), air accu (cuka), rujak (acar), rumput (daun bawang) dan vitamin C (jeruk nipis).

Semua bahan isian tersebut tersaji dalam baskom-baskom besar yang berjajar rapi dan pembeli bebas memilih bagian yang diinginkan. Begitu selesai memilih, pelayan akan segera memotong-motongnya ke dalam ukuran yang lebih kecil dan menyiramnya lebih dulu beberapa kali dengan kuah yang panas untuk menghangatkannya. Tak perlu menunggu lama, Sop Kambing pesanan pun tersaji lengkap dengan potongan tomat, daun bawang, dan taburan bawang merah goreng.

Selain daging yang empuk, keistimewaan Sop Kambing Irwan juga terletak pada kuahnya. Sang pemilik warung menambahkan susu ke dalam kuah sopnya agar terasa lebih gurih dan tampilan warnanya lebih cantik. Hasilnya memang tak mengecewakan. Bumbu rempah-rempahnya bisa menyatu sempurna di dalam kuah susu yang putih lembut.

Dalam sekali suapan, lidah langsung bisa menyecap kelezatan Sop Kambing istimewa ini. Anda juga bisa menambahkan minyak samin, perasan jeruk nipis, acar, atau sambal sesuai selera untuk menciptakan citarasa yang paling pas di lidah. Jangan lupakan pula emping yang menjadi pendamping setia Sop Kambing.

Lokasi: Jalan Panglima Polim 3, Jakarta Selatan

Buka: 18.00 – 24.00 WIB

 

Agustus 2013

(Dilihat 1.826 kali, 8 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 19 Agustus 2013 — 4:56 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved