KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Ayam Esto Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Soto Ayam Esto Salatiga

Di Salatiga kita bisa temukan banyak sekali warung soto, dari pagi hingga malam. Yang terkenal antara lain adalah Soto Esto, Soto Kemuning, Soto Kesambi, Soto Ayam Kampung Jl. Merbabu, Soto & Sate Kerang Jl. Pungkursari, Soto Rumput, Soto Pak Wiryo, Soto Semarang Salatiga Plaza, dan Soto Lamongan Pancasila.

Di antara begitu banyak pilihan, ada satu warung soto yang legendaris dan tampilannya beda dengan yang lain, yakni Soto Esto. Kalau soto lain berkuah bening, maka Soto Esto menggunakan kuah santan yang berwarna kekuningan. Soto disini adalah jenis soto ayam yang di daerah lain mungkin lebih dikenal sebagai sebagai soto kari ayam, karena kuahnya yang lebih pekat. Penyajian Soto Esto pun unik, di atas soto biasanya diberi taburan karak (kerupuk dari nasi). Tapi jika ingin tetap merasakan kerenyahan karak anda bisa memakannya terpisah. Kombinasi soto dan karak ini memang sangat khas Salatiga.

Uritan ayam yang sudah dipotong-potong

Sate kerang cocok sebagai lauk makan Soto Esto

Di meja tersaji berbagai macam lauk sebagai teman makan soto, ada sate kerang, sate telur puyuh, bakwan goreng, tempe goreng, mentho (makanan kecil yang terbuat dari singkong parut dan kacang tolo), dll. Selain itu anda bisa juga minta uritan (telur muda) atau hati-ampela ayam yang diiris-iris dan disajikan dalam satu mangkuk tersendiri. Di atas lauk tersebut bisa ditambahkan kecap dan bawang merah goreng agar rasanya makin mantap.

Alamat dan nomor telepon Soto Esto

Soto Esto ini kabarnya sudah ada sejak tahun 1953, didirikan oleh Bapak Martosentiko, dan saat ini diteruskan oleh generasi kedua. Dinamakan Soto Esto karena dulu warung soto ini berlokasi di depan garasi bus Esto, armada transportasi tertua yang ada di Salatiga. Sekarang Soto Esto sudah pindah tempat, menempati bangunan kecil di belakang Hotel Grand Wahid Salatiga. Dari hotel anda cukup berjalan kaki untuk menuju warung ini. Tempatnya yang baru ini sebenarnya hanya berjarak beberapa meter saja dari lokasi lama.

Jam buka: 06.00 – 13.00

Lokasi: Jl. Langensuko No 4, Salatiga

Telepon: (0298) 321187

Maret 2013

 

(Dilihat 3.584 kali, 6 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 2 April 2013 — 2:50 am

1 Comment

Add a Comment
  1. yap, soto terENAK di Salatiga untuk soto ayam….adalah soto ESTO, masih ada soto lainnya, tapi soto sapi. di belakang reksa, jika ke arah bu jono belok kiri, ini belok kanan. Yang jual Bpk Basuki. Biasanya masakan nya tiap hari berbeda, tetapi saya beri tahu saja sop buntut terENAK di salatiga ada disana. Jika saya tidak salah, SOP BUNTUT di buat tiap hari senin dan kamis. Oh ya pak Basuki buka jam 7 pagi dan jam 10 pagi biasa nya sudah habis masakan nya. Selamat Mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved