KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Betawi Haji Amir 21 – Jakarta

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Soto Betawi H. Amir 21

Berbicara tentang kuliner khas Jakarta tentunya tak mungkin melewatkan menu yang satu ini: Soto Betawi. Sebagaimana masakan soto dari berbagai daerah lain di nusantara, Soto Betawi pun memiliki ciri khas tersendiri. Kuahnya agak pekat karena dimasak dengan santan, meski ada juga yang mengganti santan dengan susu. Variasi isiannya beragam, tapi umumnya menggunakan bahan utama daging dan jeroan sapi. 

Ada banyak warung Soto Betawi di Jakarta, salah satu yang cukup terkenal adalah Soto Betawi Haji Amir 21 di daerah Sunter. Warung sotonya menempati sebuah ruko yang tak sebegitu besar. Tempatnya sederhana namun terlihat bersih dan nyaman. Pelayanannya pun cukup cepat. Tak perlu menunggu lama, pesanan Soto Daging sudah tersaji di meja.

Isinya terbilang komplit. Satu porsi Soto Betawi Haji Amir berisikan potongan daging yang cukup banyak,emping, kentang, rajangan daun bawang, dan potongan tomat untuk memberi nuansa segar dalam soto yang bersantan. Kuah santannya tidak terlalu kental dan rasa gurihnya seolah bisa menyatu dengan daging. Perasan jeruk nipis bisa ditambahkan untuk meredam kepekatan rasa kuah soto. Soto Betawi Haji Amir inipun makin sempurna ketika dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat.

Dilihat dari komposisi bahannya, Soto Betawi memang terlihat lebih “berat” jika dibandingkan dengan soto jenis lain seperti Soto Kudus, Soto Madura, ataupun Soto Banjar yang isiannya lebih minimalis. Karenanya memang sangat tepat jika Soto Betawi disajikan dengan nasi terpisah, berbeda dengan soto dari Jawa Tengah atau Jogja yang lebih ringan sehingga bisa mencampurkan nasi sekaligus dalam racikan soto.

Soto Betawi Haji Amir 21 menawarkan beberapa pilihan soto dengan isian yang berbeda-beda, antara lain: Soto Daging, Soto Babat, Soto Paru, Soto Kikil, Soto Urat, dan Soto Campur. Yang agak mengejutkan, ternyata disini anda juga bisa menikmati menu selain soto, seperti misalnya Sate Ayam, Sate Kambing, Empal, Ayam Goreng, Nasi Uduk, dan Otak-Otak.

Jam Buka: 09.00 – malam
Lokasi: Jalan Danau Sunter Utara Blok B 1A No 5, Sunter Agung Podomoro – Jakarta Utara.

Mei 2013

 *Sumber Foto: kompas.com

 

(Dilihat 834 kali, 5 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 4 Maret 2014 — 8:08 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved