KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Gading Solo, Kuliner Legendaris dari Kota Budaya

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Soto Gading Solo yang legendaris (foto: intisari-online.com)

Kuliner apa yang identik dengan Kota Solo? Anda mungkin akan dengan mudah menjawab nasi liwet, timlo, tengkleng, selat Solo, ataupun sate kere. Namun bagi para penggemar soto, ada satu tempat di Solo yang takkan mereka lewatkan yakni Soto Gading. Soto Gading memang termasuk salah satu kuliner legendaris di Solo. Penggemar fanatiknya rata-rata adalah “orang-orang lama” ataupun para perantau yang berasal dari Solo. Bagi mereka, menikmati Soto Gading juga bagian dari sebuah nostalgia masa lalu.

Kabarnya Soto Gading ini masih memakai resep asli keraton. Resep ini berasal dari juru masak keraton yang kemudian diwariskan secara turun-temurun kepada anak cucunya. Soto Gading berkuah bening dan isinya terbilang sederhana. Satu mangkuknya terdiri dari bihun, suwiran daging ayam, irisan daun seledri dan tomat, serta taburan bawang merah goreng.

Soto Gading Solo dan aneka lauknya (foto: surakarta.go.id)

Seperti umumnya gagrak soto di Jawa Tengah, nasi biasanya dicampurkan langsung dalam racikan soto. Tapi ada juga pelanggan yang menghendaki nasi dipisah. Kuah kaldu ayamnya terasa cukup mantap dengan racikan rempah yang seimbang. Agar kuahnya tambah segar, bisa ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalamnya. Soto Gading ini cocok disantap untuk sarapan karena komponen bahan dan rasanya tidak terlalu berat.

Di meja disediakan begitu banyak pilihan lauk untuk pelengkap makan Soto Gading. Di antaranya ada tempe goreng garing, sate telur puyuh, sate kerang, sate kulit, bakwan, tahu goreng, sate usus, paru goreng, empal, perkedel, dll. Soto yang menyegarkan ini sangat cocok disantap dengan lauk tempe goreng garing dan perkedel kenteng. Perkedel yang dimasukkan ke dalam soto akan melipatkan rasa gurihnya. Lauk yang lebih “berat” pun terlihat sangat menggoda. Parunya empuk dan bumbunya meresap, pelengkap sempurna untuk Soto Gading yang minimalis ini. Aneka lauk yang tersaji bisa membuat lapar mata dan makin menambah selera makan.

Jam Buka: pagi – sore

Lokasi: Jl.Brig.Jend. Sudiarta No.75, Gading, Solo – Jawa Tengah. Lokasinya tak jauh dari Keraton Solo.

Mei 2103

*Foto: surakarta.go.id & intisari-online.com

 

 

(Dilihat 1.952 kali, 13 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 26 Mei 2013 — 4:49 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Aku tinggal di Bandung, Anak2ku hampir semua tidak suka masakan yang berkuah, sekalinya minta makanan yang berkuah mereka minta dibawa ke Soto Gading ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved