KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Goto, Taman Sari –Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Warung Soto Goto yang ngangeni ati di Taman Sari – Salatiga

Soto Goto Taman Sari, para penggemar kuliner zadul Salatiga pasti tidak asing lagi dengan soto yang satu ini. Selain Soto Esto, Soto Goto juga termasuk salah satu kuliner soto lawas yang cukup terkenal di Salatiga. Lokasi warung Soto Goto agak tersembunyi di belakang kompleks ruko Taman Sari, tepatnya di dekat pasar loak yang lebih dikenal dengan sebutan Shopping atau Shopping Centre. Kondisi warung yang sekarang terlihat lebih mentereng dan bersih daripada yang dulu.

Semangkuk Soto Goto

Soto Goto adalah soto daging sapi dengan kuah bening tanpa santan. Kuah kaldunya terasa mantap dan terlihat sedikit berminyak di permukaannya. Barangkali lapisan minyak tersebut berasal dari racikan bumbu dan  lemak dari daging sapi. Namun jika menginginkan kuah yang lebih bening, andapun bisa meminta agar lapisan minyak / lemak tidak disertakan dalam kuah soto. Isian sotonya sederhana saja, hanya terdiri dari nasi, tauge, potongan daging sapi, rajangan daun seledri, dan taburan bawang merah goreng di atasnya. Rasa sotonya bisa disetel lagi sesuai selera pribadi dengan menambahkan jeruk nipis, sambal, dan kecap yang tersedia di meja.

Beberapa pilihan lauk di Soto Goto

Soto Goto makin nikmat ketika disantap dengan lauk tempe goreng garing atau ati kepel yang juga menjadi ciri khas warung ini. Ati kepel sebenarnya adalah hati sapi yang dibentuk bola-bola (dikepal dengan tangan) berukuran cukup besar dan digoreng dengan balutan telur kocok, mirip perkedel kentang. Untuk penyajiannya ati kepel ini dipotong kecil-kecil dan ditaburi bawang merah goreng. Rasanya makin mantap jika diberi sedikit kecap di atasnya. Selain ati kepel, masih ada banyak pilihan lauk yang lain seperti: babat, iso, limpa, sate telur puyuh, sate usus ayam, tahu goreng, dll. Lauk jeroan biasanya dipotong-potong terlebih dulu dan disajikan dalam piring terpisah. Jangan lupakan juga kerupuk karak (kerupuk dari nasi) khas Salatiga. Orang Salatiga suka menyantap soto dengan menambahkan remukan karak di atasnya.

Jam Buka: 06.30 – sore

Lokasi: Jalan Tembus Taman Sari, Salatiga – Jawa Tengah. Belakang Kompleks Ruko Taman Sari, dekat Pasar Loak / Shopping Center.

 

Mei 2013

 

(Dilihat 3.246 kali, 12 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 18 Mei 2013 — 8:26 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved