KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Kuning M Yusuf Bogor, Kuliner Kaki Lima Rasa Istimewa

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Soto Kuning M Yusuf Bogor (foto: panduanwisata.com)

Soto Kuning M Yusuf Bogor (foto: panduanwisata.com)

Soto Kuning M Yusuf merupakan satu kuliner yang cukup terkenal di Bogor. Lokasinya ada di Gang Aut, Jl. Suryakencana, salah satu pusat kuliner khas Bogor. Warungnya sederhana saja, hanya menyediakan beberapa meja kecil dan sedikit kursi. Letaknya pun di pinggir jalan. Yang mencolok adalah gerobak yang menjadi etalase bahan-bahan racikan soto sehingga pengunjung bisa tahu kualitas masakan yang disajikan. 

Kabarnya Soto Kuning Pak Yusuf sudah bertahan selama 3 generasi. Ini tentu takkan bisa dicapai tanpa adanya kontrol kualitas produk yang ketat. Soto Pak Yusuf dikenal karena rasanya yang mantap, dengan citarasa rempah yang cukup menonjol. Kuahnya berwarna kuning pekat hasil perpaduan santan dan kunyit sebagai bumbu sekaligus pewarna alami. Tampilannya memang tak jauh beda dari soto Betawi pada umumnya. Bahan isiannya pun mirip. Ada daging sapi, paru, kikil, limpa, usus, babat, dll. Yang menjadi salah satu ciri khas Soto Kuning M Yusuf adalah proses pengolahan bahan isian untuk soto. Daging atau jeroan dimasak terpisah. Direbus dan diberi bumbu agar bisa bertahan lama.

Disini pembeli bebas memilih isian soto sesuai selera masing-masing. Daging atau jeroan yang dipilih kemudian dipotong-potong dalam ukuran lebih kecil dan disajikan dengan kuah soto yang berwarna kuning berikut komponen pelengkapnya seperti irisan tomat, rajangan daun seledri, dan taburan bawang goreng, Untuk memberi sedikit nuansa segar, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Jika ingin memperkaya citarasa, kecap dan sambal akan memberi sentuhan rasa manis-pedas. Bersantap soto kuning pun akan terasa makin lengkap dengan ditemani emping dan perkedel kentang yang dijual terpisah.

Di Bogor sebenarnya ada banyak penjual soto kuning, namun Soto Kuning M Yusuf seolah sudah menjadi ikon kuliner khas kota ini. Saking terkenalnya, pelanggan yang datang kesini juga banyak berasal dari luar kota, seperti Bandung dan Jakarta. Pada akhir pekan warung ini akan makin disesaki pembeli. Lagi-lagi ini menjadi bukti bahwa di warung kaki lima pun kita bisa mendapati sajian istimewa yang bisa memanjakan indera perasa.

Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Lokasi: Jalan Suryakencana, Gang Aut, Bogor – Jawa Barat

Desember 2013

 

(Dilihat 1.664 kali, 7 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 13 Desember 2013 — 2:37 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved