KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Rumput Cabang Salatiga

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Semangkuk Soto Rumput khas Boyolali dengan lauk mentho

Semangkuk Soto Rumput khas Boyolali dengan lauk mentho

Soto Rumput, soto yang termasuk kuliner legendaris di Boyolali kini telah melebarkan sayap usahanya di Salatiga. Keberadaan cabang Soto Rumput di Salatiga sebenarnya sudah agak lama, dan masyarakat setempat lambat laun mulai mengenalnya. Bahkan beberapa tahun belakangan ini popularitasnya melejit hingga mampu membuka kurang lebih 3 cabang di Salatiga saja.

Dinamakan Soto Rumput karena di kota asalnya, Boyolali, warungnya berdekatan dengan tempat yang menjual rumput untuk pakan sapi/kuda. Sotonya terdapat beberapa pilihan, ada soto daging sapi, soto ayam, dan soto jeroan (campur). Namun jika tidak menyebut spesifik menu yang diinginkan, pelayan akan menyuguhi pembeli dengan soto daging sapi, menu andalan di warung ini. Soto Rumput adalah jenis soto dengan kuah bening tanpa santan. Meski begitu, kuah kaldunya cukup pekat dan bumbunya pun terasa mantap. Hanya dengan menyesap sedikit kuahnya saja rasa gurih yang memikat akan segera menyergap lidah.

Soto Rumput dengan aneka pilihan lauk. Cabang Soto Rumput di Salatiga ada 3

Soto Rumput dengan aneka pilihan lauk. Cabang Soto Rumput di Salatiga ada tiga

Soto Rumput disajikan dalam mangkuk kecil dengan beberapa potongan daging sapi di atasnya. Karena porsinya terbilang kecil, tak jarang pembeli meminta tambah satu mangkuk lagi agar rasa laparnya terpuaskan. Sebagai pendamping makan soto, di meja sudah tersaji beraneka macam lauk yang bisa makin mengungkit nafsu makan siapapun yang makan disini. Beberapa jenis gorengan seperti tempe, perkedel kentang, dan tahu pong seolah sudah menjadi lauk yang wajib ada di warung soto. Menyusul adalah sate kikil, sate cingur, sate telur puyuh, babat, iso, paru, dan limpa yang turut memeriahkan meja saji. Jika menginginkan lauk jeroan sapi, pembeli bisa minta agar jeroannya dipotong-potong lebih dulu dan disajikan dalam mangkuk terpisah.

Lauk lain yang perlu dicoba di kala menyantap soto khas Boyolali adalah mentho. Mentho terbuat dari campuran kacang tanah dan kelapa yang digoreng garing hingga renyah sampai bagian dalamnya. Bentuknya bulat lonjong dan rasanya sangat gurih. Bagi yang baru mencoba mungkin makanan ini agak ganjil karena teksturnya yang cenderung keras. Memang butuh sedikit usaha untuk menggigitnya, tapi sebenarnya bisa diakali juga dengan menyelupkannya lebih dulu ke dalam kuah soto sebelum dimakan. Bagi penikmat soto ndeso ala Boyolali, menyantap soto dengan mentho ini seolah menjadi pengobat rindu akan kuliner tradisional zaman dulu. Menghidupkan lagi kenangan lama yang penuh dengan kebersahajaan.

Di Warung Soto Rumput juga tersedia aneka menu tradisional selain soto, seperti Garang Asem, Sambal Tumpang, dan Nasi Pecel. Minumannya pun cukup variatif. Selain menu standar seperti the dan wedang jeruk, pembeli juga bisa memesan es susu atau es beras kencur yang menyegarkan. Minuman tradisional beras kencur ini tak mudah ditemukan di sembarang warung makan. Beras kencur juga bisa disajikan hangat/panas. Sangat cocok untuk menangkal hawa dingin Kota Salatiga.

Buka: pagi – malam
Lokasi:

  • Boyolali: Jl. Prof. Dr. Soeharso No. 14. Sebelah Utara Terminal Bus Boyolali
  • Salatiga: ada dua cabang di Blotongan dan Lopait, jalan raya arah ke Semarang. Dan satu cabang di kompleks pertokoan Makutarama, seberang kantor Pemadam Kebakaran Salatiga

Juni 2013

 

 

(Dilihat 3.110 kali, 23 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 27 Juni 2013 — 3:43 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Soto rumput di salatiga enak tenan.. Tidak diragukan nikmatnya.. Tapi waktu bayar tolong dihitung ulang lagi, ngitungnya ngawur, begitu ketahuan nyalahin kalkulator trus minta maaf. Tdk ada perbaikan pelayanan. Krn saya sudah mengalami 2 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved