KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Sinar Pagi, Pelopor Kuliner Soto di Medan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Soto Sinar Pagi - Medan

Soto Sinar Pagi – Medan

Di balik kesederhanaannya, Rumah Makan Sinar Pagi ternyata merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Kota Medan. Tempat ini menawarkan soto khas Medan yang popularitasnya sudah melintasi batas-batas wilayah maupun kultur. Selain masyarakat setempat, pelancong yang datang dari berbagai daerah juga sering menjadikan Soto Sinar Pagi sebagai sasaran kuliner utama ketika berada di Medan. Tak hanya dari luar kota saja, penggemarnya bahkan ada yang datang dari pulau seberang. Tak kurang dari para selebritas ibukota hingga pejabat pemerintahan pun turut menggemari Soto Sinar Pagi ini.

Soto Sinar Pagi tersedia dalam berbagai pilihan isian, ada ayam, daging sapi, dan campur. Namun komponen terpenting dari soto ini adalah kuahnya yang cukup kental. Soto Sinar Pagi Medan menggunakan kuah santan berwarna kekuningan yang aroma dan rasa rempahnya cukup menonjol. Begitu soto tersebut disesap, akan segera terasa rasa gurih yang sedap. Kuahnya yang istimewa selain semakin menambah selera makan,  juga bisa memberi sensasi hangat pada tubuh.

Soto Sinar Pagi disajikan dengan nasi putih hangat dalam piring terpisah. Sebagai pelengkap biasanya disajikan perkedel kentang berukuran cukup besar. Perkedel ini bisa dimakan terpisah sebagai lauk, ataupun dicampurkan langsung ke dalam soto untuk menambah kekentalan dan rasa gurih pada kuah soto. Pelayanan di RM Sinar Pagi sangat prima. Tak lama setelah memesan menu, semangkuk soto sudah tersaji di meja. Bahkan dalam kondisi ramai, pelayan tetap cekatan melayani pesanan pembeli. Selain kualitas rasa, agaknya sang pemilik juga berkomitmen menjaga kualitas pelayanan untuk senantiasa memuaskan konsumen.

RM Sinar Pagi bisa dibilang sebagai pelopor kuliner soto di Medan. Usaha ini dirintis oleh Zulkarnaen kurang lebih 46 tahun yang lalu, ketika soto belum manjadi menu yang populer di kota ini. Awalnya menu makanan yang dijajakan Zulkarnaen sering berganti-ganti dan lokasinya sempat berpindah-pindah, bahkan pernah juga berjualan keliling. Namun begitu menetap di Jalan Sei Deli, Zulkarnaen mengkreasikan resep soto yang akhirnya menjadi sangat populer hingga sekarang. Dan sejak itu pula mulai banyak bermunculan warung soto di Medan. Sepeninggalnya di pertengahan tahun 1990-an, usaha RM Sinar Pagi kemudian dilanjutkan oleh anak-anaknya. Kini Soto Sinar Pagi memiliki dua cabang di Medan, yakni di Jalan Orion dan Jalan Kol Sugiono/Wajir.

Jam buka: pagi – sore (kira-kira pukul 07.00 – 15.00 WIB)

Lokasi:  Jalan Sei Deli No. 2D, simpang Gatot Subroto, Medan.

 

Mei 2013

*Sumber foto: tourexplora.com

 

(Dilihat 1.029 kali, 2 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 3 Juni 2013 — 8:58 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved