KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Soto Udang Kesawan “Enak Tenan” – Medan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Soto Udang Kesawan – Medan

Dengan hanya melihat banyaknya varian soto saja kita bisa tahu betapa kayanya ragam kuliner nusantara. Di Medan, Sumatera Utara, ada satu gagrak soto yang sangat unik dan sulit dijumpai di tempat lain, yakni soto udang. Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan bahan baku daging sapi atau ayam, Soto Medan yang satu ini menggunakan udang sebagai isiannya.

Untuk mencicipi kelezatan soto udang anda bisa singgah ke Kedai Soto Kesawan “Enak Tenan” di Jalan Ahmad Yani (Kesawan) 116, Medan. Kedainya berada di seberang Tjong A Fie mansion, sebuah bangunan kuno yang menjadi salah satu situs bersejarah di kota ini. Soto Kesawan ini sudah sangat kondang di kalangan pecinta soto khas Medan. Tidak mengherankan karena usaha soto ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, bahkan kabarnya sudah lebih dari 40 tahun. Sementara nama “Enak Tenan” tersebut menunjukkan bahwa sang pemilik adalah seorang putra Jawa alias pujasema (putra Jawa kelahiran Sumatera). Kedai Soto Kesawan ini tempatnya sederhana dan tak begitu luas. Jika sedang ramai, pengunjung harus rela sedikit berdesakan ketika menikmati soto. 

Soto Udang Kesawan menggunakan bahan baku udang galah segar dengan ukuran cukup besar. Udang diambil kaldunya dan kemudian digoreng untuk nantinya dijadikan isian soto. Udang dibiarkan utuh (tidak dipotong-potong kecil) namun sudah dibersihkan dari kulit dan kepalanya. Kuah soto terbuat dari perpaduan santan, kaldu udang, dan racikan bumbu kari yang aromanya sedap. Kuah santannya tak terlalu kental, tapi bisa menghadirkan rasa gurih dan aroma yang memikat.

Begitu disajikan, tampak beberapa potong udang menyembul dari kuah soto yang berwarna kekuningan. Aroma rempah khas soto Medan yang sedap segera menyergap indera penciuman. Penampilan soto dipercantik dengan taburan bawang merah goreng dan daun seledri di atasnya. Tak ada bau amis dari udang karena yang digunakan adalah udang segar. Tingkat kematangan udangnya pun pas sehingga benar-benar terasa nikmat ketika disantap. Perkedel kentang bisa ditambahkan ke dalam soto agar kuahnya menjadi lebih kental dan lebih gurih. Soto udang ini disajikan dengan nasi putih dalam piring terpisah.

Selain Soto Udang, kedai ini menyediakan varian soto lain seperti: Soto Daging, Soto Jeroan, dan Soto Ayam. Jika ingin lebih mantap lagi, anda bisa memesan soto kombinasi yang berisikan udang dan daging sapi/ayam/jeroan. Sama lezatnya, tapi tentu dengan tekstur isian yang lebih kaya. Saat menyantap soto, jangan lupa juga untuk mencicipi sambal cabai hijaunya yang istimewa.

Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB
Lokasi:
Jalan Ahmad Yani (Kesawan) 116, Medan.

Kedai Soto Udang Kesawan juga membuka cabang di Jalan Thamrin, Jalan Surabaya, dan Jalan Sei Batang Hari.

Mei 2013

*Sumber Foto: detikfood

 

(Dilihat 2.386 kali, 10 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 22 Mei 2013 — 1:47 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved