KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Tahu Gimbal Pak Edy – Semarang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
(Foto: detik.com)

(Foto: detik.com)

Berburu street food di Semarang, Tahu Gimbal tentu tak bisa begitu saja dilewatkan. Makanan berbahan utama tahu dan bakwan udang ini seolah sudah menjadi ikon jajanan rakyat khas Semarang yang bisa mudah ditemui di seluruh penjuru kota, dari pagi hingga malam. Sejalan dengan atributnya sebagai makanan rakyat, tempat terbaik untuk mencicipinya justru ada di warung-warung sederhana di pinggir jalan yang sama sekali jauh dari kesan mewah.

Selain Tahu Gimbal Pak Man di Plampitan, ada satu lagi tempat terkenal yang bisa menjadi referensi, yakni Tahu Gimbal Pak Edy di Jalan Pahlawan, tak jauh dari kawasan Simpang Lima Semarang. Tempatnya hanya berwujud warung tenda, namun kualitas masakannya bisa jadi salah satu yang terbaik di Semarang. Ini bisa dilihat dari suasana warungnya yang tak pernah sepi pembeli.

Tahu Gimbal Pak Edy berisikan ketupat, tahu goreng yang dipotong dadu, irisan kol, dan tentunya gimbal udang atau bakwan udang yang sudah dipotong-potong. Bahan isian tersebut disiram dengan bumbu kacang-petis yang agak encer. Rasanya manis – gurih dan terasa cukup ringan ketika disantap. Tingkat kepedasannya bisa disetel sesuai dengan selera. Tinggal bilang berapa jumlah cabai yang diinginkan, tiga, lima, atau berapapun. Tahu Gimbal makin istimewa dengan tambahan telur goreng di atasnya. Selain gimbal udang, kunci kenikmatan Tahu Gimbal terletak pada bumbu siram yag digunakan. Jika citarasanya pas, orang akan mudah ketagihan setelah menyantapnya.

Keistimewaan lain dari Tahu Gimbal Pak Edy adalah porsinya yang tergolong besar, atau istilah Jawanya kimplah-kimplah. Karenanya tempat ini cocok untuk mereka yang biasa makan banyak. Sebagai pendamping bersantap Tahu Gimbal pembeli juga bisa memesan es teler yang menyegarkan. Tahu Gimbal Pak Edy bisa dijumpai sore hingga malam hari. Jadwal bukanya sampai tengah malam, namun jika dagangan sudah habis warung tendanya bisa tutup lebih awal.

Buka: 16.00 – 00.00 WIB

Lokasi: Jl. Pahlawan, Semarang. Depan Departemen Sosial Semarang, Jawa Tengah

September 2013

 

(Dilihat 4.849 kali, 30 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 14 September 2013 — 1:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved