KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Tengkleng Kambing Bu Pon, Solo

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Tengkleng kambing Bu Pon, Solo

Tengkleng, makanan khas Solo berbahan dasar tulang dan kepala kambing dengan kuah kuning encer nan gurih ini sering menjadi buruan utama pecinta kuliner ketika berkunjung ke Solo. Tengkleng hampir sama dengan gule, hanya saja tengkleng tidak dimasak dengan santan. Karenanya sebagian orang menganggap tengkleng kandungan kolesterolnya lebih rendah daripada gule atau tongseng. Racikan rempah-rempahnya yang khas membuat kuah tengkleng yang encer tetap bercitarasa kuat.

Tak bisa disangkal tengkleng telah menjadi ikon kuliner Solo sebagaimana juga nasi liwet dan selat Solo-nya. Meski tengkleng juga bisa didapati di Jogja ataupun di daerah lain di Jawa Tengah, rasanya sulit untuk menyaingi kenikmatan tengkleng khas Solo.

Tak jauh beda dengan warung tengkleng lain, di Warung Tengkleng Bu Pon anda bisa menikmati sepiring tengkleng dengan beragam isian seperti iga, kaki, sumsum, dan bagian kepala kambing yang biasanya sudah ditusuk seperti sate. Untuk ini anda bisa memilih isian sesuai dengan yang anda suka.

Melucuti daging yang masih tersisa di sela-sela tulang dan menyeruput sumsum dari tulang-tulang pipa (karena bentuk potongannya seperti pipa) selalu menjadi ritual makan tengkleng yang menciptakan sensasi tersendiri. Dalam kuah tengkleng yang ringan dan segar biasanya ditambahkan pula cabe rawit utuh, dan anda bisa melumatnya dalam piring jika ingin menambahkan rasa pedas. Selain rasa yang enak, porsi tengkleng Bu Pon juga cukup memuaskan.

Lokasi Warung Tengkleng Bu Pon tidak jauh dari Pusat Grosir Solo (PGS). Warungnya sangat sederhana, ukurannya kecil dan saling berhimpitan dengan warung-warung makan lainnya. Untungnya ada spanduk ukuran besar yang menandakan keberadaan warung ini, sehingga memudahkan orang yang mencarinya.

Lokasi: Jln.Kapten Mulyadi, Selter Beteng Ketandan, Solo, Indonesia, Indonesia

 

Warung tengkleng Bu Pon, Solo (tampak depan)

Januari, 2013

(Dilihat 1.972 kali, 4 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 17 Januari 2013 — 6:03 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved