KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Tips: Cara Menghilangkan Bau Anyir pada Ayam

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

ayam mentah segarDaging ayam termasuk bahan yang mudah diolah untuk menjadi aneka makanan lezat. Namun terkadang masih tercium bau anyir pada ayam mentah yang dikhawatirkan turut mempengaruhi citarasa masakan yang dihasilkan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut, di antaranya sebagai berikut:

  • Taburi potongan ayam yang akan diolah dengan tepung terigu. Pastikan semua bagian ayam tertutup rata oleh terigu. Diamkan terlebih dulu kira-kira selama 20 menit. Setelah itu, bilas ayam hingga bersih dari terigu dan keringkan dengan tisu dapur. Ayam pun siap diolah menjadi makanan lezat.
  • Cuci ayam hingga bersih dan baluri dengan cuka. Gunakan kira-kira setengah sendok teh cuka untuk satu ekor ayam. Jangan terlalu banyak cuka karena bisa merusak citarasa daging ayam. Setelah itu bilas ayam dengan air dan keringkan dengan lap bersih / tisu dapur. Cara ini juga bisa menghilangkan lendir pada ayam.
  • Cuci potongan ayam hingga bersih, kemudian lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis.

Yang tak kalah penting dari berbagai cara yang telah diungkapkan di atas adalah cara pemilihan bahan. Pastikan memilih daging ayam yang masih segar dan berkualitas baik, karena ini bisa mengurangi kemungkinan munculnya bau anyir yang terlampau tajam. Selain itu, ayam kampung bisa menjadi pilihan terbaik. Bau anyir biasanya lebih kentara pada daging ayam negeri daripada ayam kampung karena kandungan lemaknya yang lebih tinggi.

 

September 2013

 

 

 

(Dilihat 2.421 kali, 29 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 24 September 2013 — 3:22 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved