KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Tips Memasak: Agar Pasta Tidak Lengket & Bertekstur Al Dente

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
(Foto: wikihow.com)

(Foto: wikihow.com)

Spaghetti atau pasta termasuk hidangan yang mudah dan praktis untuk dimasak. Bahkan saus spaghetti/pasta instan pun banyak dijual di supermarket, sehingga bisa menghemat banyak waktu. Tapi ada kalanya kita melakukan kesalahan dalam mengolah pasta sehingga menjadi lengket dan terlalu lembek. Ini tentu bisa mengurangi keindahan penampilan maupun kenikmatan pasta saat disantap.

Berikut adalah tips memasak spaghetti/pasta agar tidak lengket dan bertekstur bagus.

1.)    Trik merebus: masukkan pasta di saat air rebusan sudah benar-benar mendidih, sambil sesekali diaduk. Jangan masukkan pasta sebelum air mendidih karena akan memperlambat proses pemasakan dan membuat nya lengket satu sama lain.

2.)    Menambahkan sedikit minyak ke dalam rebusan pasta. Ada dua pendapat berbeda soal ini. Sebagian orang percaya penambahan minyak bisa mencegah pasta saling menempel. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa menambahkan minyak dalam air hanya akan mencegah keluar busa dalam air, tidak mempengaruhi kelengketan pasta.

Merebus pasta dalam air mendidih saja sudah cukup untuk mencegahnya lengket satu sama lain. Cukup tambahkan garam dalam rebusan agar pasta menjadi lebih gurih. Namun jika pasta mau disimpan atau tidak segera disantap, ada baiknya menambahkan sedikit minyak goreng atau minyak zaitun setelah pasta direbus. Aduk pasta dan minyak sampai rata. Dengan cara ini, pasta yang disimpan tidak akan lengket dan tak cepat kering karena kelembabannya terjaga.

3.)    Perhatikan tingkat kematangan pasta. Pasta memang lebih enak disantap dalam kondisi al dente atau tidak terlalu lembek. Kepadatan dan kekenyalan pasta harus tetap terjaga agar masih terasa teksturnya ketika digigit. Untuk mengetahui tingkat  kematangan yang al dente, ambil sedikit pasta yang tengah direbus lalu potong untuk melihat bagian tengahnya. Jika bagian tengahnya sudah tampak sedikit garis kuning yang lebih gelap maka pasta tersebut sudah dalam kondisi al dente dan siap untuk diangkat. Cara lain untuk memeriksanya adalah dengan menggigit atau mematahkan pasta dengan jari. Pasta yang al dente tidak akan terlalu mudah patah dan masih terasa kenyal.

 

Juni 2013

 

 

 

(Dilihat 16.928 kali, 45 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 19 Juni 2013 — 12:41 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved