KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Tips Memasak: Cara Memipil Jagung Yang Benar

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Cara memipil jagung dengan pisau (Foto: recipetips)

Jagung sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, dari makanan kecil hingga hidangan utama. Tapi kadang kita menjadi sedikit repot ketika harus memipil atau melepaskan biji jagung dari bonggolnya. Bagaimana sebenarnya cara yang efektif untuk memipil jagung? Kita bisa memipil jagung dengan tangan, namun tentunya ini akan membutuhkan waktu lama dan tenaga lebih besar, apalagi kalau jagung yang harus dipipil jumlahnya banyak.

Cara yang paling efektif untuk memperoleh pipillan jagung adalah dengan menggunakan pisau. Letakkan jagung secara vertikal di atas talenan atau wadah yang penampangnya cukup luas. Kemudian potong jagung dari atas lurus ke bawah dengan menggunakan pisau. Lakukan hal yang sama untuk tiap sisi jagung. Jika jagung sulit untuk ditegakkan, anda bisa menggunakan loyang yang tengahnya berlubang dan letakkan jagung tepat di lubang tersebut.

Setelah dipipil, bonggol jagung jangan langsung dibuang. Gerut bonggol dengan menggunakan bagian belakang pisau yang tidak tajam (bukan mata pisau) untuk mengekstrak sari-sari jagung yang tertinggal. Bagian inilah yang sering kita lupakan. Sari jagung ini nantinya akan menambah citarasa dan aroma pada masakan jagung.

 

Mei 2013

 

(Dilihat 14.786 kali, 24 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 25 Mei 2013 — 5:37 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved