KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Tips Membersihkan Alat Dapur yang Gosong dan Berkarat dengan Bahan Masak

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Bagi kebanyakan orang, hal yang paling tidak menyenangkan dari kegiatan masak-memasak adalah bagian bersih-bersihnya. Tugas membersihkan pun akan semakin berat tatkala alat untuk memasak, seperti wajan dan panci, ternyata gosong. Untuk mengatasi kasus semacam ini ternyata ada solusi yang menarik untuk dicoba. Tak perlu repot membeli bahan atau sabun khusus untuk membersihkan panci/wajan yang gosong, cukup gunakan saja bahan-bahan masak yang ada di dapur.

Bersihkan panci gosong dengan bahan alamiBerikut ini adalah beberapa bahan masak yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur yang gosong ataupun berkarat.

  1. Saus tomat. Kesannya aneh, tapi ternyata asam asetat dalam saus tomat bisa bereaksi dengan kerak pada panci/wajan sehingga membuatnya lebih mudah dibersihkan. Lumuri pantat panci/wajan yang gosong dengan saus tomat, lalu diamkan dulu selama ± 30 menit sebelum kemudian dicuci.
  2. Jeruk nipis + Garam. Campuran jeruk nipis dan garam bisa mengangkat bekas gosong karena makanan dengan mudah. Diamkan sejenak campuran jeruk nipis dan garam selama beberapa menit, lalu tambahkan lagi sedikit garan. Gosokkan pada bagian yang gosong.
  3. Kentang. Tak hanya enak diolah jadi masakan, kentang juga bisa digunakan untuk membersihkan karat pada peralatan dapur yang terbuat dari logam, seperti panci, rak piring, atau kompor. Caranya sangat mudah. Belah kentang menjadi dua bagian dan celupkan di dalam garam. Setelah itu, gosokkan kentang pada bagian alat dapur yang berkarat. Konon asam oksalat yang terdapat dalam kentang bisa membantu meluruhkan karat.
  4. Cola. Minuman bersoda ini bersifat sangat asam dan bisa membantu menghilangkan bagian gosong, seperti karamel. Tuangkan cola ke dalam wajan/panci, kemudian didihkan dengan api kecil sambil perlahan-lahan kikis kerak gosong di alat masak tersebut.
  5. Cuka. Cuka putih ataupun cuka apel juga mengandung asam asetat yang bisa meluruhkan kerak karena gosong. Tuang cuka dan air ke dalam wajan/panci yang gosong, didihkan dengan api kecil. Tutup wajan/panci tersebut bila tidak ingin aroma cuka memenuhi ruangan.

 

 

(Dilihat 1.416 kali, 12 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 12 Desember 2014 — 7:51 am

1 Comment

Add a Comment
  1. Wah, tips yang sangat menarik, thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved