KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Wedang Uwuh Minuman Tradisional Yogyakarta yang Menyehatkan

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr
Wedang uwuh (foto: mielethek.blogspot.com)

Wedang uwuh (foto: mielethek.blogspot.com)

Indonesia tidak hanya kaya dengan aneka masakan tradisional, di berbagai daerah kita juga bisa menemui berbagai minuman khas yang unik, yang biasanya turut mencerminkan kekayaan alam maupun budaya masyarakat setempat. Di Yogyakarta, ada satu jenis minuman tradisional yang dari penampilannya saja sudah nyeleneh dan mengundang rasa penasaran, namanya adalah Wedang Uwuh. “Wedang” dalam bahasa Indonesia berarti minuman, sementara “uwuh” berarti sampah. Disebut demikan karena minuman ini terbuat dari berbagai macam dedaunan dan rempah yang disajikan begitu saja tanpa disaring.

Di dalamnya ada daun/batang/bunga cengkeh, kayu manis dan daunnya, pala dan daunnya, kapulaga, sereh, serutan kayu secang, jahe, dan lain-lain. Alhasil, dalam satu gelas akan terdapat begitu banyak timbunan bahan rempah yang terlihat seperti sampah dari pepohonan. Tampilannya barangkali kurang menarik bagi sebagian orang, namun Wedang Uwuh menawarkan aroma yang menyegarkan dan sensasi rasa tersendiri. Warna merahnya berasal dari kayu secang. Jahe memberi citarasa pedas yang menghangatkan tubuh. Cengkeh, kayu manis dan kapulaga menimbulkan aroma wedang yang khas. Untuk rasa manisnya Wedang Uwuh menggunakan gula batu.

Seperti halnya minuman jamu atau herbal dari Jawa, Wedang Uwuh juga dipercaya mempunyai khasiat untuk kesehatan. Di antaranya adalah untuk melancarkan peredaran darah, menghilangkan rasa capek, melegakan tenggorokan, membantu menyembuhkan masuk angin dan batuk ringan, menurunkan kolesterol dan sebagai sumber antioksidan.

Sekilas Cerita Tentang Wedang Uwuh

Di sekitar kompleks makam raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, ada banyak warung yang menjajakan Wedang Uwuh. Konon minuman unik ini pun pertama kali dikenalkan di daerah tersebut, sekitar 40 tahun yang lalu atau bahkan lebih. Para pengurus makam dan warga sekitar awalnya mencoba memanfaatkan dedaunan cengkeh kering dengan membuatnya sebagai minuman. Untuk pemanisnya digunakan gula jawa. Seiring dengan berjalannya waktu, racikan minuman tersebut coba disempurnakan dengan penambahan bahan-bahan lain, sehingga akhirnya tercipta racikan Wedang Uwuh.

Wedang Uwuh biasa dinikmati di kala santai, lebih cocok lagi ketika badan lelah selepas bekerja. Duduk bersantai di teras, menikmati suasana sore sambil sesekali menghirup Wedang Uwuh hangat bisa menjadi ritual relaksasi yang sempurna. Badan lelah dan stres setelah seharian bekerja perlahan luruh. Aroma dan kehangatan Wedang Uwuh seolah bisa membantu tubuh mencapai titik keseimbangannya lagi.

Maret 2014

 

(Dilihat 415 kali, 6 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 7 Maret 2014 — 4:02 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Wedang Uwuh Angkringan Jogja minuman kesehatan khas Jogja yang sehat, nikmat dan menyegarkan dipercaya berkhasiat untuk menjaga kebugaran juga sebagai anti oksidan, anti kanker, dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk darah, kolesterol, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & telah menjadi ICON ANGKRINGAN yang juga banyak dikonsumsi di cafe, resto, spa, hotel dll di seluruh Indonesia untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Order Wedang Uwuh Angkringan Jogja dapat dilakukan dengan mengisi Kolom order pada bagian bawah website kami

    http://www.angkringan-jogja.com/.

    Informasi detail produk, kerjasama Distributor, agen dan reseller hubungi :

    BBM PIN : 316454c4

    Kontak :
    – +6281392977979 ( Telkomsel )
    – +6285642335089 ( Indosat )
    – +6281904131899 ( XL )
    – +622747849189 ( Flexi )
    – 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    Messenger :
    Yahoo Messenger : angkringan_jogjakarta
    WhatsApp/ WeChat/ KakaoTalk/ Line : 081392977979

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com/
    http://www.wedang-uwuh.com/

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Alamat Kantor & Produksi :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
    Kode Pos 55783

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved