7 MANFAAT VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

Virgin Coconut Oil untuk apa?

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa murni yang dihasilkan dari proses ekstraksi daging kelapa. VCO mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan jenis minyak lain. Selain rasa dan aroma gurihnya yang memikat, VCO juga kaya akan nutrisi dan mengandung asam lemak rantai sedang yang lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa kegunaan atau manfaat Virgin Coconut Oil sangat beragam, khususnya untuk menunjang gaya hidup sehat. Virgin Coconut Oil bisa dikonsumsi langsung, digunakan untuk memasak sebagai pengganti minyak goreng, sebagai dressing salad, bahkan juga bisa diterapkan untuk perawatan kulit dan rambut sebagai pelembab alami. Minyak Virgin Coconut Oil yang bagus mempunyai ciri tidak berwarna atau jernih, mempunyai aroma dan rasa gurih khas kelapa, dan tidak berbau tengik. (baca lebih lanjut tentang Virgin Coconut Oil)

Virgin Coconut Oil

Berikut ini adalah 7 manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) yang perlu anda tahu:

1. Berperan sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Virgin Coconut Oil mengandung asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat. Asam laurat di dalam tubuh diubah menjadi monolaurin, sebuah senyawa monogliserida yang dapat membantu mengatasi infeksi virus maupun bakteri. Asam kaprat, yang diubah menjadi monokaprin dalam tubuh, mempunyai fungsi serupa. Sedangkan asam kaprilat berpotensi menghambat pertumbuhan jamur. Tak heran jika Virgin Coconut Oil banyak diteliti di masa pandemi Covid-19 untuk mengetahui seberapa jauh efektivitasnya dalam meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh.

2. Menjaga kesehatan rambut.

Virgin Coconut Oil dapat membantu pertumbuhan kembali rambut yang rusak, melembabkan dan mengembalikan kilau rambut. Kandungan antimikroba dan antijamur pada Virgin Coconut Oil dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan mencegah ketombe.

3. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk wajah atau kulit ini cukup banyak diteliti. Penerapan pada kulit dapat mencegah hilangnya kadar air melalui pori-pori kulit dan mengurangi gejala kulit bersisik, serba bisa berfungsi pula sebagai tabir surya. Virgin Coconut Oil sangat bagus untuk perawatan kulit karena mengandung antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, dan bahkan dapat membantu penyembuhan luka luar.

4. Menjaga kesehatan jantung.

Dilansir dari netmeds.com, literatur Harvard Medical School menyebutkan bahwa Virgin Coconut Oil dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Untuk memasak atau membuat roti/kue (baking).

Virgin Coconut Oil adalah alternatif sehat pengganti minyak goreng karena bebas lemak trans dan kaya nutrisi. Selain untuk menggoreng dan menumis masakan, minyak kelapa murni ini juga bisa menjadi pengganti mentega atau margarin dalam pembuatan roti atau kue. Hasilnya, masakan atau roti/kue akan terasa lebih gurih dan harum.

6. Untuk diet atau membantu menurunkan berat badan.

Virgin Coconut Oil lebih mudah dicerna tubuh dan membantu membakar lemak dalam tubuh. Minyak kelapa murni ini kerap digunakan dalam diet keto atau yang membutuhkan asupan lemak sehat tinggi. Jika ingin mengonsumsinya secara segar tanpa proses pemanasan, Virgin Coconut Oil bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan dressing salad sayuran dan campuran smoothies.

7. Untuk aromaterapi.

Virgin Coconut Oil mempunyai aroma khas yang lembut dan menenangkan. Jika dioleskan ke kulit atau digunakan untuk memijat kepala dapat membantu meredakan stress atau lelah.

*Disarikan dari berbagai sumber

Updated: 19 Juni 2022 — 5:58 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.