Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Menu yang satu ini memang sedang heboh-hebohnya di Indonesia. Mulai dari coffeshop artisan kecil sampai coffeeshop waralaba memiliki menu ini dengan rasa dan racikan khasnya masing-masing. Mulai dari jenis gula, susu, hingga kopi yang dipakai sampai komposisi dari masing-masing bahan tentu mempengaruhi cita rasa dari es kopi susu tersebut. Sebenarnya cukup mudah loh untuk membuat es kopi susu ini sendiri. Gimana sih caranya?

Resep es kopi susu kekinian:

(Foto ilustrasi: detik.com)

Bahan :
– 18 gram bubuk kopi dengan tingkat kehalusan fine to medium coarse
– 100 ml air
– 5-10 sdm gula aren cair
– 100 ml susu full cream
– 1-2 sdm larutan krimer

Cara Membuat :
1. Seduh bubuk kopi dengan air panas 100 ml.
2. Pisahkan bubuk dengan ampas kopi menggunakan filter, lebih baik jika menggunakan mesin espresso atau alat pembuat espresso manual seperti Rockpresso, Mokapot atau yang lain
3. Campur larutan kopi/espresso tadi dengan gula aren cair, susu full cream, dan krimer
4. Kopi susu kekinian sudah siap dinikmati

Tips :
– Untuk hasil kopi yang lebih nikmat, lebih baik menggunakan alat pembuat espresso baik mesin maupun manual, karena espresso memiliki tingkat kepekatan yang cocok untuk diracik menjadi es kopi susu. Selain itu, rasa dari espresso begitu kompleks, sehingga rasa alami dari kopi dapat berpadu nikmat dengan komposisi lain.

– Hindari biji kopi yang berkarakter asam atau fruity karena rasanya akan sedikit tidak cocok jika dicampur dengan susu maupun gula/pemanis lain

– Temukan komposisi anda sendiri. Karena rasa dari kopi susu sangat bergantung dengan rasio kopi, gula, maupun susu dan krimer. Tentu rasa favorit orang berbeda beda. Jika anda cenderung suka rasa berkarakter manis, perbanyak komposisi gula atau kurangi kepekatan kopi anda.

(Dilihat 2.770 kali, 9 kunjungan hari ini)
Updated: 5 April 2019 — 7:26 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *