Cara Mudah Membuat Lemonade di Rumah

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

Limun atau lemonade adalah minuman manis dengan rasa lemon yang menyegarkan. Jika ditilik ke belakang, lemonade berasal dari Prancis dan pertama kali dibuat pada abad ke-16. Pada saat itu lemonade dibuat dari campuran sari lemon, air, dan gula (atau pemanis yang lain, karena gula tebu masih tergolong hal yang baru). Minuman ini kemudian semakin dikenal luas, dan kini bisa dijumpai banyak versi lemonade di berbagai negara. Ada yang mencampurnya dengan air soda, daun mint, kopi, hingga jahe. Jika kita sedang berada di Selandia Baru atau Irlandia dan memesan lemonade, kita mungkin hanya akan disuguhi minuman kemasan botol seperti Sprite.

Lemonade belakangan ini juga kian populer di Indonesia, dan semakin kerap muncul di buku-buku menu dengan berbagai variasinya. Kita pun sebenarnya bisa dengan mudah membuat lemonade sendiri di rumah. Silakan simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui bagaimana cara mengolah lemon menjadi minuman kekinian, dan menjadikannya inspirasi untuk memulai usaha kuliner modal kecil.

Cara Membuat Sirup Lemonade

Membuat lemonade sendiri sebenarnya tidak susah, dan kita tidak harus selalu menyiapkan semua bahan dari nol saat ingin menikmatinya. Cukup membuat sirup lemonade yang terbuat dari campuran buah lemon segar dan gula pasir di awal. Sirup lemonade inilah yang nantinya bisa digunakan sebagai basis untuk membuat es lemonade atau sebagai campuran minuman lain kapan pun kita inginkan. Berikut ini adalah cara membuat sirup lemonade:

Bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 4 buah lemon segar
  • Garam
  • Baking soda / soda kue
  • Toples yang bersih atau sudah disterilkan

Cara membuat:

  1. Cuci lemon hingga bersih, lalu keringkan.
  2. Gunakan garam untuk mengosok-gosok seluruh lapisan kulit lemon. Lakukan satu per satu.   
  3. Cuci dan rendam lemon dalam air bersih sambil diusap-usap permukaan kulitnya untuk membersihkan garam yang menempel. Lalu sisihkan dan keringkan.
  4. Gosok kembali seluruh lapisan kulit lemon dengan menggunakan baking soda. Lakukan satu per satu.
  5. Cuci dan rendam kembali lemon dalam air bersih, diamkan beberapa menit.
  6. Siapkan air panas dalam wadah terpisah untuk membilas lemon sekali lagi.
  7. Gulir-gulirkan lemon sebentar di dalam air panas, pastikan seluruh lapisan kulitnya terbilas. Lakukan satu per satu, kemudian sisihkan dan keringkan.
  8. Potong lemon tipis-tipis. Pastikan untuk membuang bijinya karena bisa menimbulkan rasa pahit. Kemudian sisihkan dalam wadah tersendiri.
  9. Masukkan gula ke dalam potongan-potongan lemon. Aduk-aduk hingga merata. Pastikan semua potongan lemon terendam dalam gula.
  10. Susun lemon yang telah dilapisi gula ke dalam toples steril. Masukkan pula air lemon dan cairan gula yang ada di wadah ke dalam toples. Jika dirasa kurang, bisa tambahkan gula pasir ke dalam toples hingga semua potongan lemon tertutup gula dengan sempurna. Tutup toples dengan rapat.
  11. Diamkan toples berisi lemon tersebut di dalam kulkas selama kurang lebih 2 hari. Rasa dan wangi lemon akan ikut terserap dalam cairan gula. Cek secara berkala. Toples bisa dikocok-kocok untuk memastikan lemon dan gula tercampur rata dan mengurangi endapan gula di bagian bawah toples.
  12. Setelah 2 hari, sirup lemonade berikut potongan-potongan lemon di dalamnya siap untuk digunakan.

*Fun fact: Selain untuk membersihkan lemon dari kotoran dan sisa-sisa bahan kimia, menggosok-gosokkan garam dan baking soda ke kulit lemon juga dapat membuat wangi lemon lebih keluar.

Cara Membuat Es Lemonade

Sirup lemonade yang sudah jadi bisa digunakan untuk membuat beraneka macam minuman. Ada lemonade coffee, lemonade Korea, virgin mojito, lemon tea, dan lain sebagainya. Namun sebagai awal, kami akan membagikan resep es lemonade yang klasik dan paling sederhana. Berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan:

  • Sirup lemonade buatan sendiri
  • Es batu
  • Air matang

Cara membuat:

  1. Tuangkan 2 sendok makan cairan sirup lemonade berikut 2 irisan lemon ke dalam gelas.
  2. Tambahkan air matang hingga setengah gelas.
  3. Masukkan es batu sesuai selera.

Jika ingin membuat es lemonade untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman, cukup siapkan pitcher atau teko kaca ukuran besar dan sesuaikan takarannya. Jika manisnya dirasa kurang, bisa ditambahkan gula cair atau simple syrup. Sangat praktis dan mudah dikreasikan. Untuk variasi, air matang bisa juga diganti dengan air soda. Hasilnya adalah lemon squash yang tak kalah menyegarkan.

Cara Membuat Mojito dengan Sirup Lemonade

Mojito, atau lebih tepatnya virgin mojito (karena tidak menggunakan minuman beralkohol), adalah minuman bersoda dengan cita rasa lemon dan mint yang menyegarkan. Minuman yang sekarang mudah dijumpai di kafe atau restoran ini  disajikan dengan es, sehingga cocok sekali menjadi pereda dahaga di kala cuaca panas.

Dengan sirup lemonade buatan sendiri, kita pun bisa dengan mudah membuat minuman ala resto di rumah. Baik untuk dinikmati secara pribadi ataupun dikreasikan menjadi usaha kuliner rumahan. Berikut adalah resep lemonade mocktail, atau tepatnya virgin mojito, yang sangat sederhana:

Bahan-bahan:

  • Sirup lemonade buatan sendiri
  • 4 lembar daun mint
  • Es batu
  • Air soda tawar (plain soda)

Cara membuat:

  1. Siapkan gelas. Masukkan daun mint, lalu tumbuk kasar di dalam gelas agar rasa dan aromanya keluar.
  2. Tambahkan 2 sendok makan sirup lemonade (bisa lebih, sesuaikan saja dengan selera) dan 2 irisan lemon.
  3. Masukkan air soda hingga kurang lebih 2/3 gelas, jangan terlalu penuh.
  4. Tambahkan es batu sesuai selera.
  5. Homemade mojito pun siap dinikmati.

Mojito dengan bahan dasar lemon, daun mint, dan air soda ini boleh dibilang merupakan versi klasik atau orisinalnya. Sekarang banyak juga kreasi mojito yang menggunakan bahan dasar buah-buahan lain seperti stroberi, leci, mangga, jeruk, dan kiwi. Ciri khasnya tetap mengedepankan campuran rasa manis dan asam yang menyegarkan.

Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Setelah membaca ulasan dan tutorial di atas, kita menjadi semakin tahu bahwa sesungguhnya minuman-minuman “wah” yang biasa dijual di kafe atau restoran tidak selalu rumit cara membuatnya, dan bahan-bahan yang digunakan pun tidak selalu mahal. Selama bahan-bahan yang digunakan tersedia di pasaran, kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Selain untuk dinikmati sendiri, resep lemonade di atas juga bisa dijadikan inspirasi untuk ide jualan atau memulai usaha kuliner kekinian dengan modal kecil. Tatkala es lemonade di luar hanya bisa dibeli di tempat-tempat makan “berkelas”, kamu bisa menciptakan racikan es lemonade sendiri dengan harga yang lebih terjangkau oleh masyarakat banyak. Namun perlu dicamkan pula bahwa yang murah tidak selalu murahan. Meski kita membuat produk dengan “harga rakyat”, kontrol kualitas jangan sampai terlewat.

Resep lemonade mana yang menjadi favoritmu? Atau kamu punya resep lemonade lain yang lebih menarik? Yuk, bagikan pendapat dan pengalamanmu di kolom komentar.

Updated: 31 Oktober 2022 — 5:11 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.