Menikmati Kelezatan Bebek Goreng Tebal dan Empuk di Warung Bu Jum Boyolali

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Intania Poerwaningtyas

Perjalanan dari Semarang ke Solo adalah perjalanan yang selalu menyenangkan. Kalau ingin cepat, tinggal lewat tol yang sekarang sudah tersambung. Kurang dari dua jam, sudah sampai. Kalau sedang santai, lewat jalur biasa bakal lebih lambat satu sampai satu setengah jam, tapi bisa bonus mencicipi kuliner-kuliner lezat di sepanjang perjalanan: di Ungaran, Salatiga, atau Boyolali. Semua maknyus.

Bebek Goreng Bu Jum

Kalau sedang ingin kuliner di Boyolali, salah satu menu ini sungguh layak Anda coba: bebek goreng Bu Jum. Nama warungnya Ayam Goreng Bu Jum, tapi bebeknya sungguh juara. Daging bebek goreng Boyolali ini tebal, tapi empuk. Beda dengan bebek goreng terkenal lainnya yang cenderung kering dan tipis. Makan seporsi sudah kenyang, meski tetap terasa kurang.

Yang istimewa dari bebek goreng Bu Jum adalah perpaduan antara dagingnya yang tebal dengan bumbunya yang kuat. Penggunaan bumbu-bumbu dapur yang melimpah–seperti sereh, kunyit, jahe, dan laos–dan teknik memasak yang tepat membuat rasanya meresap hingga ke tulang. Meski bumbunya berani, rasa gurih dari daging bebeknya tidak lantas hilang. Rasa bumbu yang kuat dan gurihnya bebek justru saling menguatkan. Membuat lidah kita terasa dimanjakan. Menurut pemiliknya sih mereka pakai bumbu warisan leluhur.

Ayam Goreng Bu Jum

Jangan lupakan juga sambal bawangnya yang bikin liur menetes. Warung Bu Jum menyediakan dua jenis sambal, sambal bawang dan sambal terasi. Dua-duanya enak, tapi saya pribadi lebih suka sambal bawangnya. Perpaduan cabai, bawang, dan garamnya pas. Ada juga minyaknya, tapi tidak terlalu berlebihan. Rasanya sangat pedas namun nikmat, bikin kita kapok lombok.

Untuk menuju ke Warung Bu Jum memang butuh sedikit usaha. Lokasinya memang bukan di jalur utama Semarang-Solo, tapi juga tidak terlalu jauh dari jalan raya. Kalau melewati Puskesmas Banyudono, tinggal belok di jalan sebelah puskesmas, lalu ikuti saja sampai ketemu jembatan Ketaon yang melintasi Kali Pepe. Dari situ, warung sudah terlihat. Tepatnya di Pertigaan Desa Bendungan, Kelurahan Gumukrejo, Kecamatan Teras, Boyolali. Warungnya memang sederhana, tapi tidak akan mengurangi nikmatnya makan bebek goreng di sana.

Kalau tidak suka menu bebek, warung ini juga menyediakan ayam goreng, lele goreng, dan kakap goreng yang tak kalah enaknya. Satu porsi bebek goreng sudah termasuk sepotong tempe dan tahu goreng, jadi seporsi saja sudah sangat kenyang. Harganya? Rp20.000 saja untuk sepaket bebek goreng dan Rp18.000 untuk sepaket ayam goreng. Tidak setiap hari kita bisa ketemu kuliner enak dan murah. Surga dunia! Oya, jangan lupa juga nambah pete goreng biar makin maknyus

Ayam dan Bebek Goreng Bu Jum Boyolali

Alamat: Dusun II, Gumukrejo, Kec. Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Buka: 11.00 – 21.00 WIB

(Dilihat 121 kali, 11 kunjungan hari ini)
Updated: 25 Agustus 2019 — 4:05 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *