Minuman Penghangat Badan di Kala Musim Penghujan

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Musim hujan identik denganĀ  hawa yang dingin. Apalagi akhir-akhir ini dinginnya sedikit lebih menusuk dari biasanya sehingga kita membutuhkan makanan maupun minuman yang memberikan rasa hangat. Indonesia yang kaya akan rempah sebenarnya memiliki banyak varian minuman hangat. Kali ini saya akan mencoba membahas beberapa minuman yang bisa menghangatkan badan secara ringkas.

1.Wedang Jahe

Jahe memang sudah terkenal sebagai minuman yang hangat bahkan cenderung pedas bagi sebagian orang. Selain dapat menghangatkan tubuh ternyata jahe bisa mengurangi mual, membantu mengatasi masalah pencernaah, bahkan mencegah kanker. Jika ingin lebih variatif, bisa tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam wedang jahe.

2. Cokelat Panas

Cokelat sangat populer baik di dalam maupun luar negeri sebagai minuman panas. Secangkir cokelat memiliki banyak manfaat yang menyehatkan karena mengandung antioksidan dan  bioflavonoid yang bisa menurunkan tekanan darah. Di Meksiko, minuman cokelat panas kadang dipadukan dengan cinnamon sehingga lebih aromatic.

3. Susu Telur Madu Jahe

Tidak hanya anak-anak banyak orang dewasa menyukai susu. Untuk menghidangkan susu dapat dicampur bahan tambahan lain seperti almond, cokelat ataupun sari buah. Bagi yang menyukai citarasa jadoel tentu saja susu madu, susu jahe, atau susu telur madu jahe alias STMJ tentu tak mungkin dilewatkan.

4. Sari Apel dan Kayu Manis

Apel yang mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung dan vitamin C dikombinasikan dengan hangatnya kayu manis akan menjadi minumat yang nikmat sekaligus menyehatkan. Selain itu Sari Apel dan Kayu Manis dapat mencegah diabetes apabila diminum secara rutin.

5. Lemon Hangat dengan Madu

Di samping sebagai minuman penghangat badan yang bersifat menenangkan, kombinasi air hangat yang diberi perasan lemon dan madu juga diyakini memiliki seabrek khasiat kesehatan. Antara lain adalah melancarkan pencernaan, membuat tidur lebih nyenyak, dan mencegah penuaan dini apabila diminum secara rutin.

6. Aneka Minuman Tradisional. Selain minuman di atas masih banyak minuman penghangat badan lain seperti wedang ronde, wedang asle, bajigur maupun minuman tradisional lain. Tentu saja agar tubuh tetap fit saat musim hujan tidak boleh hanya mengandalkan minuman-minuman diatas. Kita tetap harus olahraga dan makan yang teratur.

(Dilihat 145 kali, 2 kunjungan hari ini)
Updated: 7 Februari 2019 — 11:23 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Wahh cocok banget nih buat musim penghujan seperti sekarang.

    Saya paling suka sama wedang jahe nya, apalagi jahe merah atau gepuk, lebih hangat ditenggorokan.

    Tapi saya juga suka minum Ronde untuk menghangatkan badan di musim hujan. Terlebih karena harganya yang murah meriah, Ronde juga enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *