Resep Nasi Goreng Kimchi Mudah dan Enak

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr

*Kontributor: Adam Naufal Dzaky

Demam Korea tengah melanda Indonesia, tidak hanya musik dan serial drama saja, kini kuliner khas Negeri Ginseng itu pun mulai banyak dikenal di sini, khususnya di kalangan anak muda. Hari-hari ini siapa sih yang tidak tahu kimchi? Hidangan tradisional yang mungkin bisa dibilang acarnya Korea ini semakin akrab dengan lidah orang Indonesia. Bahkan mulai bermunculan juga snack dengan rasa kimchi. Namun sebagai masyarakat pecinta nasi goreng, ada satu menu yang mungkin akan menggugah rasa penasaran orang Indonesia: Nasi Goreng Kimchi.

Nasi Goreng Kimchi
(Foto ilustrasi: www.friedchillies.com)

Barangkali terkesan aneh, janggal, dan muncul banyak keraguan apakah bisa kimchi dimasak nasi goreng?  Seperti apa rasanya? Bentuk-bentuk keingintahuan semacam ini hanya bisa dijawab jika kita sudah membuktikannya sendiri. Kali ini Kabar Kuliner mencoba untuk berbagi resep Nasi Goreng Kimchi. Resep ini sebenarnya dapat dibilang cukup sederhana. Perpaduan rasa asam segar dari kimchi serta bumbu yang beragam membuat nasi goreng ini memiliki cita rasa yang unik. Anda bisa melihat cara membuat Nasi Goreng Kimchi di bawah ini dan mempraktikkannya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Bahan : (untuk 3 sajian)

– 3-4 porsi nasi putih (nasi yang dimasak kemarin/semalam lebih nikmat hasilnya)

– 200 gr Kimchi, siap pakai, diperas airnya lalu dicincang kasar.

– 1-2 sdm Gochujang (saus ala korea)

– 1/2 sdm kecap asin

– 3 sdm minyak wijen

– minyak goreng secukupnya

– 4-5 siung bawang putih cincang

– 1-2 tangkai daun bawang (sesuai selera)

– garam dan lada secukupnya

– 3 butir telur

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum atau berwarna cokelat keemasan lalu masukkan kimchi yag sudah diperas agar nasi goreng tidak basah. Masak kimchi hingga kering atau berwarna kecokelatan.

2. Masukkan nasi, gochujang, kecap asin, minyak wijen, serta garam dan lada secukupnya. Aduk rata kemudian masukkan daun bawang yang telah dicincang.

3. Jika bumbu sudah merata dan nasi goreng telah matang, angkat dan sajikan dengan telur mata sapi di atasnya. Bisa juga ditambahkan rajangan nori untuk mempercantik dan pelengkap rasa.

(Dilihat 72 kali, 1 kunjungan hari ini)
Updated: 29 April 2019 — 7:56 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *