Resep Rolade Daun Singkong: Mudah, Murah, dan Kaya Serat

BAGIKAN DI: Facebooktwitterpinterestlinkedintumblr
Rolade Daun Singkong
Resep Rolade Daun Singkong

Rolade Daun Singkong adalah jajanan rakyat atau kuliner khas Salatiga yang biasa dikonsumsi warga lokal sehari-sehari sebagai kudapan. Ada beberapa versi rolade. Selain berbentuk roll atau gulungan, ada pula yang pembuatannya lebih mudah, yakni membentuknya menjadi bulatan-bulatan seperti kepalan tangan. Rolade jenis ini lebih jamak tersedia di pedagang gorengan kaki lima. Selain itu, ada juga rolade daun singkong yang tidak menyertakan tahu di dalamnya. Cukup hanya daun singkong rebus yang dibentuk kepalan lantas digoreng menggunakan tepung. Berikut ini adalah resep rolade daun singkong dangan campuran tahu, atau ada juga yang menyebutnya rolade tahu daun singkong.

Bahan:

  • Daun singkong ± 3 ikat, rebus hingga empuk.
  • Tahu putih ± 6 buah, hancurkan dan bumbui dengan bawang putih, garam dan merica secukupnya.
  • Telur 1 butir
  • Merica
  • Garam
  • Bawang putih kurang lebih 4 siung, haluskan

*Untuk membungkus rolade bisa memakai plastik ataupun daun pisang.

Cara Membuat Rolade Daun Singkong versi Gulung:

  1. Tambahkan sebutir telur ke dalam tahu yang sudah lumat. Telur bisa berfungsi sebagai perekat dan penambah rasa gurih.
  2. Bentangkan plastik pembungkus. Tata sebagian adonan tahu di atas plastik tersebut. Susun daun singkong rebus di atas lapisan tahu, kemudian tumpuk lagi dengan tahu. Gulung tumpukan tahu dan daun singkong tersebut menyerupai bolu roll atau sushi.
  3. Kukus selama 15 menit. Selama mengukus, sesekali tusuk-tusuk rolade dengan batang lidi / tusuk gigi agar matangnya merata sampai dalam. Angkat, dan biarkan sebentar agar suhu menurun.

Cara menyajikan:

  1. Potong-potong rolade yang sudah dingin ± 2 cm (atau sesuai selera).
  2. Buat adonan tepung terigu dengan bumbu bawang putih halus, merica, dan garam secukupnya. Tambahkan pula 1 butir telur ke dalam adonan (sesuai selera, ada juga yang lebih suka menggunakan tepung saja). Penambahan telur ke dalam adonan ini bisa membuat balutan tepungnya lebih gurih dan renyah, namun teksturnya akan menjadi lebih lembek ketika gorengan dalam kondisi dingin.
  3. Masukkan rolade dalam adonan tepung, lumuri hingga merata. Goreng hingga berwarna kecokelatan.
  4. Sajikan rolade daun singkong goreng dalam kondisi hangat dengan pelengkap cabai rawit hijau.

Updated: 23 Januari 2024 — 6:01 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *