KabarKuliner.com

| Referensi Kuliner Pilihan

Sate Padang Ajo Ramon, Primadona Pecinta Kuliner Padang

BAGIKAN DI: Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblr

Meski tidak sebanyak soto, sate adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang juga banyak ragamnya. Ada sate khas Madura yang memadukan sate dengan sambal kacang dan kecap, sate maranggi dengan citarasa manisnya yang khas, sate Suruh yang memadukan sate manis dengan sambal kacang yang gurih dan legit, sate buntel khas Solo yang berupa daging kambing cincang berbungkus lapisan lemak tipis, hingga sate Padang yang memadukan sate sapi dengan siraman kuah kental nan gurih. Yang terakhir ini mungkin belum sepopuler sate khas Madura, bahkan ada pula yang sampai memicingkan mata saat melihat penampakannya. 

(Foto: www.satepadangajoramon.com)

Bagi yang belum pernah mencoba, kuah kental sate Padang barangkali terlihat aneh atau bahkan tidak mengundang selera. Meski begitu, persepsi orang biasanya akan langsung berubah setelah mencicipinya. Kuah kentalnya kaya rempah, dengan rasa asin-pedas. Ini menjadi semacam antitesis umumnya sate yang ada di Jawa yang bumbunya cenderung manis. Dari sekian banyak “duta” sate padang di Jakarta, Ajo Ramon adalah salah satu tempat yang paling banyak dikenal penggemar kuliner Padang. Merintis usaha sejak tahun 1980-an, kini Sate Padang Ajo Ramon bahkan kerap dijadikan tolok ukur cita rasa sate Padang yang otentik di Jakarta. Para pakar sate padang silakan saja berdebat soal ini, tapi apapun kesimpulannya minat orang untuk datang kemari tampaknya tidak akan berkurang.

 

Sate Padang Ajo Ramon ini adalah jenis sate yang berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, sebelah utara Kota Padang. Ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan sate padang yang lain, yakni kuah kentalnya yang berwarna cokelat pekat, tidak kuning kunyit seperti kebanyakan. Sebelum dibakar pun dagingnya sudah dibumbui terlebih dulu dengan bumbu khas Pariaman yang berwarna kemerahan. Dengan bumbu yang berlapis-lapis seperti itu, bisa dibayangkan ledakan rasa di mulut ketika menyantap sate padang ini.

(Foto: www.satepadangajoramon.com)

Ajo Ramon tidak hanya menyediakan sate daging, ada pula pilihan lain seperti lidah, jantung, dan usus sapi. Bahkan sate lidah adalah salah satu favorit pelanggan di sini. Teksturnya yang lebih lembut dari daging membuatnya banyak digemari. Namun ini bukan berarti sate dagingnya keras, ia juga lembut dan sangat berbumbu. Begitu disajikan bersama irisan lontong dan kuah kental yang hangat, nafsu makan bisa langsung menggelegak. Terlebih lagi ia disajikan di atas piring beralas daun pisang.

 

Tak seperti sate ala Madura yang menyediakan irisan cabai dan bawang merah segar sebagai pendamping, sate padang ini cukup bertabur bawang merah goreng saja. Ini karena kuahnya sudah agak pedas. Jika ingin lebih paripurna, siapkan kerupuk kulit atau keripik pedas sebagai pelengkap. Kuah kental yang melimpah dan lezat itu hanya bisa diselamatkan dari kemubaziran dengan kerupuk kulit. Cocolkan kerupuk kulit ke dalamnya, atau tenggelamkan sekalian, dan niscaya kepuasan menyantap Sate Padang Ajo Ramon menjadi kian berlipat.

 

Sate Padang Ajo Ramon
Lokasi: Pelataran Pasar Santa, Jl. Cipaku 1,
Kebayoran Lama – Jakarta Selatan
Cabang :
Pusat kuliner Blok S
Pasar Raya Blok M
Cikajang nomor 72
Mall Artha Gading
Mall Kelapa Gading
Mall Summarecon Bekasi.

 

(Dilihat 1.228 kali, 2 kunjungan hari ini)

Artikel Terkait

Updated: 7 Mei 2018 — 7:01 am

1 Comment

Add a Comment
  1. ini salah satu makanan faforiti saya min, cuma untuk sate padang blm pernah mencobanya. buka cabang di jogja min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2012 - 2017. KabarKuliner.com | All Rights Reserved